Ali, Haidir (2019) Penanaman perilaku toleransi beragama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama: Penelitian di SMPN 2 Cileunyi Kab. Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
Abstract
Bandung menempati posisi “zona merah” dalam Indeks Kota Toleransi Tahun 2018 yang dikeluarkan oleh SETARA Institute. Padahal mayoritas agama di Bandung adalah agama Islam yang seharusnya dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuhnya nilai-nilai toleransi. Hal inilah yang menjadi penting untuk diteliti tentang bagaimana sebenarnya sekolah-sekolah di Bandung menanamkan nilai-nilai toleransi beragama bagi para peserta didiknya. Peneliti memilih SMPN 2 Cileunyi Bandung sebagai latar penelitian karena diasumsikan bahwa sekolah ini dapat merepresentasikan Bandung itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Program penanaman perilaku toleransi pada pembelajaran PAI di SMPN 2 Cileunyi Bandung, (2) Proses penanaman perilaku toleransi pada pembelajaran PAI di SMPN 2 Cileunyi Bandung, (3) Faktor pengaruh penanaman perilaku toleransi pada pembelajran PAI di SMPN 2 Cileunyi Bandung, dan (4) Tingkat keberhasilan penanaman perilaku toleransi pada pembelajaran PAI di SMPN 2 Cileunyi Bandung. Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk membentuk Muslim yang sempurna. Salah satu ajaran agama Islam yang sangat ditekankan adalah perilaku toleransi beragama. Proses pembelajaran PAI sebagai upaya untuk menanamkan perilaku toleransi beragama, tentunya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi yang kemudian menentukan tingkat keberhasilan penanaman perilaku toleransi beragama dengan empat indikatornya, yaitu penerimaan, penghargaan, kesabaran, dan kebebasan beragama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini dipilih karena permasalahan penelitian ini bersifat kompleks, dinamis, dan penuh makna sehingga data tidak mungkin dapat dijaring dengan penelitian kuantitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program penanaman perilaku toleransi beragama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Cileunyi Bandung telah disusun dengan baik. Program tersebut terdiri dari program pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas. (2) Proses pelaksanaan penanaman perilaku toleransi beragama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didik di SMPN 2 Cileunyi Bandung, telah dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan program yang telah direncanakan sebelumnya. (3) Faktor yang mempengaruhi penanaman perilaku toleransi beragama di SMPN 2 Cileunyi Bandung terdiri dari empat hal yakni faktor peserta didik, kompetensi guru, lingkungan sekolah, dan kebijakan sekolah. (4) Tingkat keberhasilan penanaman perilaku toleransi beragama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Cileunyi Bandung dapat dinyatakan berhasil, namun belum dapat dikatakan sempurna karena masih ditemukan beberapa peserta didik yang belum menunjukkan perilaku toleransi beragama dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toleransi beragama; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Haidir Ali |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 08:12 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 06:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27109 |
Actions (login required)
View Item |