Pengaruh metode Al-qawaid wa Al-tarjamah terhadap kemampuan menerjemahkan teks bacaan bahasa Arab siswa; Penelitian quasy eksperimen di kelas V MIN 1 KOTA BANDUNG

Umamah, Yapidah (2019) Pengaruh metode Al-qawaid wa Al-tarjamah terhadap kemampuan menerjemahkan teks bacaan bahasa Arab siswa; Penelitian quasy eksperimen di kelas V MIN 1 KOTA BANDUNG. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi pendahuluan di MIN 1 Kota Bandung yang memperoleh data bahwa mata pelajaran Bahasa Arab dalam menerjemahkan teks memiliki hasil belajar yang kurang optimal, kondisi tersebut dikarenakan menggunakan pembelajaran konvensional yang memposisikan guru sebagai pusat informasi. Sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung siswa kurang aktif dan tujuan proses pembelajaran hanya menekankan pada materi pembelajaran bukan untuk memahaminya. Maka digunakan metode Al-qawaid Wa Al-tarjamah pada pembelajaran Bahasa Arab sehingga membantu dalam proses penyampaian materi serta menstimulus siswa untuk berperan aktif di kelas pada saat pembelejaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menerjemahkan siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Al-qawaid Wa Al-tarjamah terhadap kemampuan menerjemahkan teks bacaan bahasa arab siswa serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan menerjemahkan siswa dalam menerjemahkan teks bacaan Bahasa Arab siswa dengan menggunakan metode Al-qawaid Wa Al-tarjamah dan tanpa menggunakan metode Al-qawaid Wa Al-tarjamah di kelas V MIN 1 Kota Bandung. Teori yang dipakai dalam penelitian ini menurut Kosim yang menyatakan bahwa metode Al-qawaid Wa Al-tarjamah ini berdasar pada pemahaman tata bahasa merupakan bagian dari filsafat dan logika. Belajar bahasa dapat memperkuat kemampuan berfikir logis, memecahkan masalah, dan menghafal. Bertolak pada teori tersebut bahwa dengan menggunakan metode Al-qawaid Wa Al-tarjamah dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada kemampuan menerjemahkan teks bacaan bahasa arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimen. Dengan desain The Nonequivalen Pretest-Posttest Control Group. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas VA dan VB MIN 1 Kota Bandung. Teknik pengambilannya adalah dengan cara random, dan dipilihlah kelas V B sebagai kelas yang diberikan perlakuan menggunakan metode Al-qawaid Wa Al-tarjamah dan kelas V A sebagai kelas yang tidak diberikan perlakuan menggunakan metode Al-qawaid Wa Al-tarjamah. Pengumpulan data mengguanakan test tulis berupa teks bacaan bahasa arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh metode Al-Qawaid Wa Al-Tarjamah hasil rata-rata pretest sebesar 49,38 (kurang), postest sebesar 79,25 (baik). hasil uji t diperoleh t_(hitung ) 5,13 dan t_(tabel ) 1,99 pada taraf signifikansi 0,05 yakni H_(O ) ditolak dan H_(a ) diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan metode Al-qawaid Wa Al-tarjamah memiliki pengarauh yang signifikan terhadap kemampuan menerjemahkan teks bacaan bahasa arab dengan nilai rata-rata hasil postest 79,25.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Al-qawaid wa Al-tarjamah;Kemampuan Menerjemahkan;Quasy-Experiment;
Subjects: Arabic
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yapidah umamah
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:19
Last Modified: 11 Nov 2019 03:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27117

Actions (login required)

View Item View Item