Penerapan strategi reading guide untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 7 tentang peristiwa dalam kehidupan: Penelitian Tindakan Kelas terhadap siswa kelas V MI AL-Farabi Kabupaten Bandung

Nuropa, Asni Syahara (2019) Penerapan strategi reading guide untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 7 tentang peristiwa dalam kehidupan: Penelitian Tindakan Kelas terhadap siswa kelas V MI AL-Farabi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan melalui observasi dan wawancara bebas tidak terstuktur dengan guru kelas V di MI Al-Farabi pada beberapa proses pembelajaran tematik sebelumnya bahwa kemampuan pemahaman siswa kurang terlihat, karena perilaku siswa di kelas yang tidak memperhatikan guru ketika proses belajar berlangsung, masih banyak siswa yang ngobrol, makan dan bercanda sehingga masih banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Kejadian tersebut disebabkan beberapa faktor. Mungkin saja patut diduga bahwa metode yang diberikan kurang tepat dengan materi yang disampaikan, sehingga proses pembelajaran terlihat membosankan dan kurang efektif. Tujuan penelitian ini diantarnya untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 7 tentang peristiwa dalam kehidupan sebelum digunakan strategi reading guide. Mengetahui penerapan strategi reading guide dalam pembelajaran tematik tema 7 tentang Peristiwa dalam kehidupan setiap siklus dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 7 tentang peristiwa dalam kehidupan setelah digunakan strategi reading guide. Strategi reading guide dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik karena dalam strategi reading guide siswa diharuskan mampu membaca teks dengan memahaminya dalam waktu yang telah ditentukan sehingga siswa mudah memahami pembelajaran yang disampaikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Pada setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (obervasi) dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh data sebagai berikut: (1) pada prasiklus diperoleh rata-rata sebesar 46.2 dan ketuntasan klasikal 11.1% dengan kategori kurang sekali. (2) Keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I mencapai persentase rata-rata sebesar 75% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II persentase rata-rata keterlaksanaa aktivitas guru sebesar 97,5% dengan katergori sangat baik. Adapun keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I mencapai persentase rata-rata sebesar 89,5% dengan kategori sangat baik sedangkan keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus II mencapai persentase rata-rata sebesar 96,5% dengan kategori sangat baik. (3) Ketercapaian rata-rata hasil tes belajar pada siklus I sebesar 62,4 dan persentase rata-rata ketuntasan klasikal mencapai 54% dengan kategori sangat kurang. Sedangkan ketercapaian rata-rata hasil tes belajar siswa pada siklus II sebesar 79,4 dan persentase rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 85,2% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: reading guide; kemampuan pemahaman; tematik;
Subjects: Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asni Syahara Nuropa
Date Deposited: 15 Nov 2019 03:14
Last Modified: 15 Nov 2019 03:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27151

Actions (login required)

View Item View Item