Purwanti, Diajeng (2019) Penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (1_COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (2_ABSTRAK)
2_ABSTRAK .pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (3_DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (4_BAB i)
4_BAB I .pdf Download (276kB) | Preview |
|
Other (5_BAB II)
5_BAB II pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
||
Other (6_BAB III)
6_BAB III pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
||
Text (7_BAB IV)
7_BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
Other (8_BAB V)
8_BAB V pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
||
Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami konsep Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, mendeskripsikan keterlaksanaan, dan menganalisis keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran POGIL pada materi pencemaran lingkungan. Metode dalam ini penelitian Pre-eksperimen dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII PONPES Daar El-Qolam. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D dan VII E yang pengambilannya menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji t berpasangan dengan α 5% kelas VII D menunjukan nilai thitug 9,2 > ttabel 1,55. Kelas VII E thitung 18,59 > ttabel 1,35. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; model; pembelajaran; pogil; keterampilan; proses; sains |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Diajeng Purwanti Madnur |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 08:11 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 08:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27298 |
Actions (login required)
View Item |