Penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan

Purwanti, Diajeng (2019) Penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_ABSTRAK .pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB i)
4_BAB I .pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Other (5_BAB II)
5_BAB II pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Other (6_BAB III)
6_BAB III pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Other (8_BAB V)
8_BAB V pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami konsep Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, mendeskripsikan keterlaksanaan, dan menganalisis keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran POGIL pada materi pencemaran lingkungan. Metode dalam ini penelitian Pre-eksperimen dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII PONPES Daar El-Qolam. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D dan VII E yang pengambilannya menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji t berpasangan dengan α 5% kelas VII D menunjukan nilai thitug 9,2 > ttabel 1,55. Kelas VII E thitung 18,59 > ttabel 1,35. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; model; pembelajaran; pogil; keterampilan; proses; sains
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Diajeng Purwanti Madnur
Date Deposited: 20 Nov 2019 08:11
Last Modified: 20 Nov 2019 08:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27298

Actions (login required)

View Item View Item