Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlaq Siswa di Kelas IV MI Al-Markaz

Yanti Yulianti, Yanti (1122090232) (2014) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlaq Siswa di Kelas IV MI Al-Markaz. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa Kelas III Semester II MIS Ar-Ruhaniyyah Cikampek Pada pembelajaran IPA Konsep Energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. PTK merupakan penelitian yang bersifat reflektif dengan melaksanakan tindakan-tindakan perbaikan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tindakan-tindakan perbaikan pembelajaran pada PTK, dilaksanakan berdasarkan masalah yang ditemui pada saat pembelajaran di dalam kelas. Masalah yang ditemukan diselesaikan dengan menggunakan metode Outdoor Study. Out Door Study adalah kegiatan di alam bebas atau kegiatan di luar kelas dan mempunyai sifat menyenangkan, karena kita bisa melihat, menikmati, mengagumi dan belajar mengenai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa yang terben tang di alam, yang dapat disajikan dalam bentuk permainan, observasi/ pengamatan, simulasi, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Indramunawar, (2009:1). Sebelum menerapkan metode Outdoor Study, prestasi belajar dan aktivitas siswa belum memuaskan dalam arti nilai hasil belajar siswa masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 70, aktivitas siswapun masih pasif dan hanya berpusat terhadap guru. Setelah menggunakan metode Outdoor Study dalam pembelajaran IPA, prestasi dan aktivitas siswa menunjukkan peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) aktivitas siswa setelah menggunanakan metode Outdoor Study mengalami peningkatan, 2) hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Outdoor Study dalam pembelajaran IPA menunjukkan peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat pada aktivitas siswa dan hasil belajar dengan rata-rata tes yang dilaksanakan pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 (sebelum menggunakan metode Outdoor Study) diperoleh nilai rata-rata kelas 64,00, pada siklus 2 perolehan nilai rata-rata kelas 73,00, dan pada siklus 3 nilai evaluasi lebih meningkat lagi dengan nilai rata-rata kelas 87,70. Selain itu aktivitas siswa semakin meningkat dan suasana belajar semakin hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas, Motivasi Belajar, Aqidah Akhlaq
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2017 07:21
Last Modified: 30 Mar 2017 04:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item