Manajemen strategik bimbingan manasik Haji dalam meningkatkan kualitas jemaah: Studi deskriptif di KBIH Masjid Raya Bandung

Nurfadillah, Ni'mah (2019) Manajemen strategik bimbingan manasik Haji dalam meningkatkan kualitas jemaah: Studi deskriptif di KBIH Masjid Raya Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Ibadah Haji merupakan kewajiban bagi umat islam yang mampu secara fisik dan materi. Dalam pelaksanaannya, Kementrian Agama bermitra dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) untuk membina para calon jemaah haji melalui bimbingan manasik haji. Bimsik Haji bermanfaat dalam membantu kelancaran dan ketertiban pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan tuntutan syariat. KBIH Masjid Raya Bandung merupakan lembaga pelayanan jasa dibawah naungan DKM Masjid Raya Bandung, telah berdiri sejak tahun 2001. KBIH ini didirikan beranjak dari kekhawatiran DKM Masjid Raya Bandung atas keadaan Jemaah Haji Indonesia yang hanya mengikuti jemaah haji lainnya dalam melaksanakan syarat, rukun, dan tata cara ibadah haji. Maka KBIH Masjid Raya Bandung didirikan untuk membantu para calon jemaah haji agar mampu melakukan rangkaian ibadah haji secara mandiri dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang manajemen strategik yang digunakan dalam program bimbingan manasik haji di KBIH Masjid Raya Bandung. Lebih detail lagi dalam perumusan strategi, pelaksanaan strategi dan evaluasi strategi KBIH dalam meningkatkan kualitas jemaah calon haji. Penelitian ini berdasarkan teori Manajemen Strategik Fred R. David yang kemudian diterapkan dalam Program Bimbingan Manasik Haji. Perihal perumusan strategi yang berkaitan dengan pengembangan visi, misi dan tujuan. Dalam pelaksanaan strategi berupa penerapan program kerja, prosedur, dan pengorganisasian. Dan evaluasi strategi yang berguna untuk menelaah kekurangan yang perlu diperbaiki. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi langsung ke lapangan dan analisis dokumen KBIH Masjid Raya Bandung sehingga diperoleh data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategik dalam program bimbingan manasik haji telah diterapkan dengan baik dilihat dari pengembangan visi, misi, dan tujuan yang terarah. Pelaksanaan strategi dengan pemadatan materi (teori dan praktek) mengenai bimbingan manasik dilakukan semaksimal mungkin, didukung oleh para pembimbing yang ahli di bidangnya. Prosedur yang dijalankan oleh KBIH Masjid Raya Bandung, menyangkut pendaftaran bimbingan manasik haji dan pelaksanaan kegiatannya dilakukan secara terorganisir, demi memberikan pelayanan dan bimbingan manasik haji yang optimal. KBIH Masjid Raya Bandung berfokus untuk memberikan bimbingan manasik haji secara maksimal ketika di tanah air, di Arab Saudi, sampai pasca ibadah haji, melalui tahapan-tahapan manajemen strategik untuk mewujudkan jemaah haji yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Strategi: Manasik; Kualitas; Jemaah;
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Nimah Nurfadillah
Date Deposited: 20 Nov 2019 02:14
Last Modified: 20 Nov 2019 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27462

Actions (login required)

View Item View Item