Alawiyah, Tiana Azmi (2019) Penerapan Conceptual Change Text (CCT) berbantu PhET Simulation untuk meremediasi miskonsepsi peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
Abstract
Miskonsepsi bersifat universal, sehingga dapat terjadi dimana saja dan kepada siapa saja tidak tergantung pada usia, kultur maupun budaya dan muncul seiring dengan sifat alamiah manusia yaitu rasa ingin tahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, remediasi miskonsepsi dan perbedaan remediasi miskonsepsi pada peserta didik dengan pembelajaran menggunakan Conceptual Change Text (CCT) berbantu PhET Simulation dan pembelajaran saintifik berbantu media power point pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Sariwangi, sempel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Lembar Observasi (LO), Conceptual Change Text (CCT) dan Four Tier Test materi usaha dan energi. Teknik analisis yang digunakan yaitu perhitungan persentase LO, N-Gain dan uji t independen samples test. Hasil penelitian menunjukan persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen (CCT) untuk aktivitas guru 89% dan peserta didik 87% dengan kategori sangat baik, sedangkan kelas kontol (saintifik) untuk aktivitas guru 77% dan aktivitas peserta didik 82% dengan kategori baik. Rata-rata N-Gain yaitu pada kelas eksperimen 0,78 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,59 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh t_hitung=2,007 > t_tabel=2,0003, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat remediasi miskonsepsi peserta didik antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan CCT berbantu PhET Simulation dan pembelajaran saitifik berbantu media power point pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi; CCT; Usaha dan Energi |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Physics > General Publications of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Tiana Azmi Alawiyah |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 03:47 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27476 |
Actions (login required)
View Item |