Ghazali, Muhammad Hilmy (2019) Implementasi penggunaan media pembelajaran video tutorial untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Jawami Cileunyi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan motivasi dan hasil belajar siswa yang masih berkategori rendah pada mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Al-Jawami Cileunyi karena pembelajaran masih bersifat konvensional ceramah yang berpusat pada guru dan penugasan sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan terasa membosankan. Oleh karena itu, perlu ada inovasi dalam pembelajaran yang mampu menarik siswa dalam pembelajaran yang akan berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih yaitu dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; 1) Pelaksanaan pembelajaran media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Fiqih di Kelas X MA Al Jawami Cileunyi; 2) Perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran video tutorial dan metode konvensional ceramah pada mata pelajaran Fiqih di Kelas X MA Al Jawami Cileunyi; 3) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dan metode konvensional ceramah pada pada mata pelajaran Fiqih di Kelas X MA Al Jawami Cileunyi; 4) Tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Al-Jawami Cileunyi. Pembelajaran menggunakan video tutorial adalah salah satu cara mentransfer pengetahuan dan dapat digunakan sebagai bagian dari pembelajaran. Tutorial adalah program pembelajaran tutorial dengan bantuan komputer meniru sistem tutor yang dilakukan oleh guru. Informasi berupa suatu konsep disajikan di layar komputer dengan teks, gambar atau grafik. Video tutorial dapat memudahkan siswa memahami dengan detail dan menganalisis dalam proses belajar Fiqih. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media video tutorial dapat menumbuhkan motivasi serta meningkatkan hasil belajar Siswa, sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen bentuk nonequivalent control grup design. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. angket, tes dan studi kepustakaan. Peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan juga sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang signifnkan, perbedaan tersebut berdasarkan uji signifikansi Mann-Whimey U diperoleh hasil Zhitug sebesar 2,73 dan Za sebesar 2.02 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil belajar siswa yang signifikan. Perbedaan tersebut berdasarkan uji signifikansi Mann-Whimey U diperoleh hasil Zhitug sebesar 3,22 dan Za sebesar 2,02, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media video tutorial di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional ceramah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran ; Video Tutorial; Motivasi; Hasil Belajar; Siswa; Mata Pelajaran Fiqih; di MA Al-Jawami Cileunyi |
Subjects: | Special Computer Methods > Digital Video Conscious Mental Process and Intelligence > Will, Volition Conscious Mental Process and Intelligence > Intelligence and Aptitudes Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad hilmy ghazali |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 06:46 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 06:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27582 |
Actions (login required)
View Item |