Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dan model Group Investigation (GI) pada materi ekosistem: Penelitian di MTsN 2 Subang

Setianingtiyas, Hani (2019) Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dan model Group Investigation (GI) pada materi ekosistem: Penelitian di MTsN 2 Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diawali oleh kegiatan observasi di MTsN 2 Subang dan diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa yang masih belum mencapai KKM, dengan nilai KKM bagi kelas VII yaitu 70. Hasil persentase siswa yang mampu mencapai nilai KKM baru mencapai 40% dan sekitar 60% siswa yang belum tuntas untuk mencapai KKM. Dan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Dari hasil observasi tersebut dipilihlah model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model Project Based Learning (PjBL) dapat menganalisis perbandingan hasil belajar sisa menggunakan dua model yang berbeda. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlaksanaan hasil belajar dengan model pembelajaran Project based Learning dan Group Investigation, menganalisis hasil belajar dengan menggunakan model Pjbl dan GI, dan menganalisis perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model Project Based Learning dan model pembelajaran Group Investigation pada materi Ekosistem. Metode yang digunakan adalah Quasi eksperimen design dengan desain Quasi Eksperimen Control Desain. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Subang, yaitu kelas VII E dan kelas VII F dengan jumlah siswa sebanyak 72 orang dengan teknik Data tes kognitif dan Lembar Observasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian pada proses pembelajaran yang menggunakan model Group Investigation diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 74,6 dan N-Gain 0,56 dengan kriteria baik. Sedangkan hasil penelitian pada proses pembelajaran yang menggunakan Project Based Learning diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 81,25 dan N-Gain 0,65 dengan kriteria baik. Setelah dilakukan posttest dilanjutkan dengan uji t dan diperoleh hasil signifikan, karena thitung > ttabel pada taraf α = 0,05%, yakni 2,53 > 1,99, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning lebih baik dibandingkan dengan model Group Investigation pada materi Ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Group Investigation (GI); Model Project Based Learning (PjBL); Perbandingan Hasil Belajar; Ekosistem;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Hani Setianingtiyas Pendi
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:14
Last Modified: 26 Nov 2019 06:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27832

Actions (login required)

View Item View Item