Terapi ruqyah sebagai upaya penyembuhan gangguan stres : studi kasus di Rehab Hati Bandung, Jl. Emong No.9, Burangrang, Lengkong, Bandung

Komala, Kokom (2017) Terapi ruqyah sebagai upaya penyembuhan gangguan stres : studi kasus di Rehab Hati Bandung, Jl. Emong No.9, Burangrang, Lengkong, Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Abad XX ditandai oleh perkembangan sains dan teknologi yang pesat luar biasa. Arus modernisasi di samping berdampak positif juga melahirkan dampak negatif. Perubahan yang cepat akibat modernisasi menyebabkan orang-orang mengalami tekanan (stres). Stres yang berkelanjutan dapat berdampak buruk tidak hanya kepada psikis namun berdampak juga pada fisik. Stres dapat ditanggulangi dengan berbagai terapi, misalnya psikoterapi psikiatrik, psikoterapi keagamaan dan psikoterapi psikofarmaka. Terapi ruqyah merupakan salah satu psikoterapi keagamaan dimana masih banyak masyarakat yang berpendapat bahwa terapi ruqyah hanya bisa menyembuhkan gangguan jin. Dalam beberapa kasus di Rehab Hati Bandung, terapi ruqyah tidak hanya menyembuhkan pasien dengan gangguan jin namun ada beberapa kasus pasien penderita stres maupun skizofrenia yang sembuh setelah berobat di Rehab Hati Bandung. Berdasarkan permasalahan di atas, maka peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Terapi Ruqyah sebagai Upaya Penyembuhan Gangguan Stres” (Studi Kasus di Rehab Hati Bandung, Jl. Emong No.9, Burangrang, Lengkong, Bandung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode terapi ruqyah yang digunakan sebagai upaya penyembuhan gangguan stres di Rehab Hati Bandung, serta untuk mengetahui hasil penerapan terapi ruqyah terhadap gangguan stres di Rehab Hati Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi serta konsep triangulasi yakni : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan di Rehab Hati Bandung Jl. Emong No.9, Burangrang, Lengkong, Bandung. Proses wawancara dilakukan dengan para terapis dan para pasien yang berobat di Rumah Rehab tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, maka ditemukan bahwa : Terapi ruqyah yang dilakukan di Rehab Hati Bandung berperan dalam menurunkan gejala-gejala stres bagi penderita gangguan stres yang berobat disana. Metode ruqyah yang digunakan oleh Rehab Hati Bandung adalah ruqyah syar’iyyah yang berdasarkan ayat-ayat Al-Quran dan juga Sunnah Rasulullah saw. Proses terapi ruqyah untuk gangguan stres terdiri dari tiga tahapan yaitu proses sebelum pengobatan, tahapan pengobatan dan tahapan setelah pengobatan. Hasil penerapan dari terapi ruqyah di Rehab Hati Bandung adalah para pasien merasakan bahwa gejala-gejala stres yang yang diderita pasien sedikit demi sedikit berkurang setelah menjalani proses terapi ruqyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terapi Ruqyah; Stres; Triangulasi;
Subjects: Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:42
Last Modified: 05 Dec 2019 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28100

Actions (login required)

View Item View Item