Asep Koswara, Asep (1209503025) (2014) Schematic Structure and Copywriting Strategy in E-Mail Business Sales Letter. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti untuk mengetahui genre, struktur skema dan strategi copywriting pada e-mail. Penelitian ini berfokus pada e-mail dalam bentuk surat penjualan atau biasa disebut sales letter. Genre tidak hanya ditandai dengan tujuan komunikatif, tetapi juga sangat terstruktur atau terskemakan. Sebuah e-mail penjualan (sales letter) adalah bagian dari genre promosi yang dikategorikan kedalam beberapa genre dan menggunakan bahasa yang komunikatif serta sistematis. Selain itu, penggunaan copywriting juga sangat penting karena merupakan kekuatan sales letter. Penelitian ini dirumuskan dalam tiga pertanyaan mencakup apa jenis genre dalam e-mail sales letter yang biasa ditemukan? bagaimana skema struktur sales letter yang digunakan pada e–mail? dan bagaimana strategi copywriting yang digunakan pada yang e-mail sales letter? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis genre teks tertentu, struktur skema dan strategi copywriting pada e -mail sales letter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana data diambil dari akun e-mail pribadi peneliti sendiri, hunterlove_boy@yahoo.co.id dan sepp.idealiz@gmail.com. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan teori analisis genre. Genre teori dari Kankaanranta digunakan untuk menjawab pertanyaan pertama, teori struktur skematik dari Bhatia digunakan untuk menjawab pertanyaan kedua dan teori strategi copywriting Elmo Lewis digunakan untuk menjawab pertanyaan ketiga. Mengacu pada tiga pertanyaan penelitian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga genre teks tertentu dari e-mail sales letter. Kemudian untuk struktur skema, ada tujuh langkah, dan strategi copywriting, peneliti menemukan empat teori. Akhirnya, dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mereka yang memiliki akun e-mail seharusnya berhati-hati, tidak mengambil tindakan langsung setelah menerima e-mail. Hal ini karena berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa kebanyakan e-mail yang berisi sales letter menggunakan skema dan strategi tertentu untuk membuat pembaca percaya terhadap isi e-mail tersebut untuk kemudian mengambil tindakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | genre, genre analysis, dialogue genre, postman genre, noticeboard genre, schematic structure, copywriting strategy, e-mail business sales letter |
Subjects: | Data Processing, Computer Science > Electronic Mail, Email General Management > Sales Promotion |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 01:36 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 02:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2811 |
Actions (login required)
View Item |