Penerapan media tayangan vidio manasik haji berbasis Macromedia Flash Player 6 hubungannya dengan respons siswa pada materi fiqih haji: Penelitian kuantitatif deskriptif pada siswa kelas VIII di MTs At-Ta’zhimiyah Caringin-Bandung Kulon

Suminar, Ade Fitri (2017) Penerapan media tayangan vidio manasik haji berbasis Macromedia Flash Player 6 hubungannya dengan respons siswa pada materi fiqih haji: Penelitian kuantitatif deskriptif pada siswa kelas VIII di MTs At-Ta’zhimiyah Caringin-Bandung Kulon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan, melalui observasi dan wawancara di MTs At-Ta’zhimiyah Bandung Kulon. Diperoleh gambaran bahwa, guru dalam mengajar sudah maksimal, guru telah berusaha supaya siswa dapat memperoleh hasil yang baik dalam belajarnya, dengan menyampaikan materi yang telah dikuasai dengan cara menggunakan berbagai metode, dan juga guru mengatakan bahwa proses pembelajaran yang berlangsung di MTs cukup baik, bahkan beliau selalu menggunakan media sebagai alat bantu dalam mengajar. Namun pada umumnya, fakta dilapangan tidak seluruh siswa memperhatikan atau merespon saat materi pembelajaran berlangsung. Sehingga, perlunya penelitian ini dilakukan guna mengetahui tingkat respon siswa dalam belajar khususnya metari fiqih haji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan media tayangan video manasik haji berbasis macromedia flash player 6, 2) Respons siswa pada materi fiqih haji, 3) Hubungan antara media tayangan video manasik haji berbasis macromedia flash player 6 dengan respons siswa pada materi fiqih haji. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran, bahwa penerapan media tayangan video manasik haji berbasis macromedia flash player 6 berpengaruh besar terhadap respons siswa pada materi fiqih haji. Berdasarkan hipotesis, semakin baik penerapan media tayangan video manasik haji berbasis macromedia flash player 6, semakin baik pula respons siswa pada materi fiqih haji. Langkah-langkah penelitian: 1) Jenis data, 2) Sumber data, 3) Metode dan teknik pengumpulan data. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang berupa: observasi, angket dan wawancara. 4) Analisis data, analisis data antara variabel X dan variabel Y ditempuh dengan menggunakan dua ,pendekatan, yaitu secara parsial dan korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media tayangan video manasik haji berbasis macromedia flash player 6 termasuk kategori sangat baik/sangat ,positif dengan skor 4,26 berada pada rentang 4,20 - 5,00, (2) Respons siswa pada materi fiqih haji termasuk kategori baik/positif dengan skor 4,14 berada pada rentang 3,40 - 4,19, (3) Hubungan penerapan media tayangan video manasik haji berbasis macromedia ,flash player 6 dengan respons siswa pada materi fiqih haji adalah ditunjukkan oleh angka koefesien korelasi sebesar 0,9. Angka tersebut berada pada interval 0,800 – 1,000 termasuk ke dalam korelasi sangat kuat/sangat tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis thitung sebesar 10,22 > ttabel sebesar 2,060 hipotesis ,alternatif (Ha) diterima, pengaruh ,variabel X terhadap variabel Y sebesar 81%. sedangkan 19% lagi respon siswa pada materi fiqih haji dipengaruhi oleh factor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Video; Macromedia Flash Player 6; Respons Siswa pada Materi Fiqih Haji;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:08
Last Modified: 10 Dec 2019 04:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28161

Actions (login required)

View Item View Item