Yuhana, Aliyan Maulana (2018) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan minat siswa melanjutkan studi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (942kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai program keahlian yang tergolong rendah, guru PAI di SMK Al-Falah belum memenuhi semua indikator kompetensi pedagogis. Namun nilai siswa pada mata pelajaran PAI sangat baik. Sejalan dengan kemajuan zaman dan kompleksnya dunia industri yang semakin kompetitif maka lulusan SMK tidak cukup mampu bersaing di dunia industi jika tidak melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: signifikansi pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, signifikansi pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai keahlian, dan signifikansi hubungan antara minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai keahlian dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Al-Falah Nagreg Bandung. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Prestasi belajar siswa berhubungan erat dengan taksanomi Bloom yang terdiri dari enam level dimulai dari tingkat intelektual yang rendah ke tingkat yang paling kompleks. Minat berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Kurangnya minat belajar dapat mengakibatkan kurangnya rasa ketertarikan pada satu bidang tertentu, bahkan dapat melahirkan sikap penolakan kepada guru. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai keahlian, serta ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai keahlian dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Al-Falah Nagreg Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Jenis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan; wawancara, angket, tes prestasi belajar, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana, korelasi product moment, dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai thitung sebesar -0,028< daripada ttabel 2.008 menunjukkan bahwa variabel Trus (X) tidak berpengaruh pada variabel partisipasi (Y1), kemudian berdasarkan nilai t, diketahui nilai thitung sebesar 1,618<ttabel 2,008 menunjukkan bahwa variabel Trus (X) tidak berpengaruh pada variabel partisipasi (Y2), dan nilai signifikansi -0,015<0,05 artinya tidak terdapat hubungan antara minat siswa untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi sesuai keahlian dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI (Y2) terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi(Y1).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Prestasi Belajar; Minat Melanjutkan Studi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aliyan Maulana Yuhana |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 02:27 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28441 |
Actions (login required)
View Item |