Sikap siswa terhadap penggunaan big book hubungannya dengan minat baca siswa di Kelas awal : penelitian di Kelas III MI Cipongkor I Kabupaten Bandung Barat

Nurlatifah, Lia (2017) Sikap siswa terhadap penggunaan big book hubungannya dengan minat baca siswa di Kelas awal : penelitian di Kelas III MI Cipongkor I Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang cukup menarik di kelas III MI Cipongkor I Bandung Barat, yaitu terjadinya kesenjangan antara ketertarikan siswa terhadap penggunaan big book dalam pembelajaran membaca dengan rendahnya minat baca siswa. Hal ini disebabkan penggunaan Big Book kurang didukung oleh fasilitas ruang baca yang tersedia di sekolah tersebut dikarenakan rusaknya ruang perpustakaan. Untuk mensiasati rusaknya ruang perpustakaan tersebut guru kelas III melakukan kegiatan membaca di kelas dengan membawa buku bacaan ke kelas dan memerintahkan siswa untuk membaca, tetapi dari 29 siswa hanya 10-15 orang siswa yang membaca buku, selebihnya hanya melihat-lihat saja tanpa membacanya. Dari fenomena tersebut memunculkan permasalahan yang relevan untuk diteliti yaitu bagaimana sikap siswa terhadap penggunaan big book hubungannya dengan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap penggunaan big book, minat baca siswa di kelas awal dan adakah hubungan antara sikap siswa terhadap big book dengan minat baca siswa di kelas awal. Hipotesis penelitian ini adalah semakin positif sikap siswa terhadap penggunaan big book maka semakin tinggi pula minat baca siswa. Sebaliknya semakin negatif sikap siswa terhadap penggunaan big book maka semakin rendah pula minat baca siswa. Penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu variabel X (Sikap siswa terhadap penggunaan big book) dan variabel Y (Minat baca siswa). Kedua variabel akan diukur dengan cara mendalami indikator dari masing-masing variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan arah korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi dan angket. Sasaran dalam melakukan observasi adalah kegiatan siswa beserta guru dalam membaca dengan menggunakan big book. Sementara angket digunakan untuk memperoleh data dari variabel X dan Y berdasarkan perhitungan skala likert. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistika dengan dua tahap analisis, yaitu analisis parsial dan analisis korelasional. Analisis parsial dilakukan untuk mendalami dua variabel secara terpisah, sedangkan analisis korelasi digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan analisis korelasi menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan pada taraf 5% antara sikap siswa terhadap penggunaan big book dengan minat baca siswa di kelas awal sebesar 0.56, angka tersebut berada pada interval 0,41-0,60 yang menunjukan kategori cukup. Hasil analisis menunjukan t hitung lebih besar dari padat tabel yaitu 3,51>2,02, yang berarti hipotesis alternatif diterima, sedangkan hipotesis nol ditolak. Adapun besarnya pengaruh sikap terhadap minat siswa adalah sebesar 31,36%. Dengan demikian, masih ada 68,64% faktor lain yang turut mempengaruhi minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Siswa; Big Book; Minat Baca;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:14
Last Modified: 02 Jan 2020 04:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28539

Actions (login required)

View Item View Item