Megiawati, Deviana (2017) Penerapan pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep koloid. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
Abstract
Pembelajaran kimia berorientasi kewirausahan diperlukan agar siswa belajar dengan objek nyata yang memungkinkan siswa dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bernilai ekonomi. Tujuan penelitian ini menerapkan pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep koloid. Metode yang digunakan desain one shot case study. Subjek penelitian adalah siswa SMAN di Bandung kelas XI sebanyak 39 siswa. Data yang diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa, hasil lembar kerja siswa yang berorientasi kewirausahaan, hasil tes kreativitas verbal dan angket sikap wirausaha. Hasil analisis data yang diperoleh pada aktivitas siswa selama pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan yaitu rata-rata 96,15% dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata lembar kerja siswa yaitu 84 dengan kategori sangat baik. Nilai ratarata tes kreativitas verbal yaitu 71,92 dengan kategori baik. Adapun persentase rata-rata sikap wirausaha siswa yaitu 75% dengan kategori baik. Pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan pada konsep koloid yakni pembelajaran yang menghubungkan materi koloid dengan pembuatan produk koloid yang bernilai wirausaha sehingga siswa dapat memahami konsep koloid, dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan sikap wirausaha. Pembelajaran yang menuntut siswa untuk menghasilkan suatu produk kreatif dari contoh-contoh koloid. Secara umum pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kreatif; kewirausahaan; koloid; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rizal Mohamad Sihabudin |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 02:25 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 02:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28730 |
Actions (login required)
View Item |