Penerapan pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep koloid

Megiawati, Deviana (2017) Penerapan pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep koloid. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Pembelajaran kimia berorientasi kewirausahan diperlukan agar siswa belajar dengan objek nyata yang memungkinkan siswa dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bernilai ekonomi. Tujuan penelitian ini menerapkan pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep koloid. Metode yang digunakan desain one shot case study. Subjek penelitian adalah siswa SMAN di Bandung kelas XI sebanyak 39 siswa. Data yang diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa, hasil lembar kerja siswa yang berorientasi kewirausahaan, hasil tes kreativitas verbal dan angket sikap wirausaha. Hasil analisis data yang diperoleh pada aktivitas siswa selama pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan yaitu rata-rata 96,15% dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata lembar kerja siswa yaitu 84 dengan kategori sangat baik. Nilai ratarata tes kreativitas verbal yaitu 71,92 dengan kategori baik. Adapun persentase rata-rata sikap wirausaha siswa yaitu 75% dengan kategori baik. Pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan pada konsep koloid yakni pembelajaran yang menghubungkan materi koloid dengan pembuatan produk koloid yang bernilai wirausaha sehingga siswa dapat memahami konsep koloid, dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan sikap wirausaha. Pembelajaran yang menuntut siswa untuk menghasilkan suatu produk kreatif dari contoh-contoh koloid. Secara umum pembelajaran kimia berorientasi kewirausahaan dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kreatif; kewirausahaan; koloid;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 13 Jan 2020 02:25
Last Modified: 13 Jan 2020 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28730

Actions (login required)

View Item View Item