Pengaruh Pembelajaran KUASAI (Kerangka Berpikir untuk Sukses. Uraikan faktanya. Apa maknanya. Sentakan ingatan. Ajukan yang diketahui. Introspeksi) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekosistem (Penelitian dilaksanakan di MTs.Negeri Plered Purwakarta)

Maspuroh, Maspuroh (1210206060) (2014) Pengaruh Pembelajaran KUASAI (Kerangka Berpikir untuk Sukses. Uraikan faktanya. Apa maknanya. Sentakan ingatan. Ajukan yang diketahui. Introspeksi) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekosistem (Penelitian dilaksanakan di MTs.Negeri Plered Purwakarta). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (800kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu, menganalisis pengaruh model KUASAI terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem. Hipotesis dari penelitian ini yaitu pembelajaran KUASAI berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design dengan Sampel diambil sebanyak dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan tes sebanya 10 soal uraian, angket dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Analisis hasil penelitian dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan Mann Whitney. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model KUASAI mendapatkan nilai rata-rata 74,74 dan kemampuan berpikir kreatif siswa tanpa mengunakan model KUASAI mendapatkan nilai rata-rata 65,80, ini dapat dilihat dari hasil uji Mann whitney diproleh Zhitung > Ztabel atau Z hitung 2,308> Z tabel 1,95 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat berbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pemebalajaran KUASAI dengan tanpa menggunakan model pembelajaran KUASAI, dan diperoleh hasil angket respon siswa kelas Eksperimen 85,32% dengan kriteria sangat kuat, kelas Kontrol 81,80% kriteria sangat kuat, lembar observasi aktivitas guru 86,26% cukup baik dan aktivitas siswa 83,86% cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa model KUASAI berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ekosistem,KUASAI (Kerangka berpikir untuk sukses. Uraikan faktanya. Apa maknanya. Sentakan ingatan. Ajukan yang diketahui. Introspeksi ),pendidikan,biologi.
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 03:24
Last Modified: 14 Feb 2017 10:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item