Manajemen kelas: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Jatinangor Kab. Sumedang

Falah, Cepi Fauzan (2016) Manajemen kelas: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Jatinangor Kab. Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (DAFATR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Manajemen sangat penting untuk diimplementasikan dalam kegiatan di dalam kelas. Kebutuhan terhadap manajemen di kelas, bukan hanya kebutuhan akan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran melalui pengoptimalan fungsi kelas, namun lebih dari itu, manajemen di dalam kelas merupakan respon terhadap semakin meningkatnya tuntutan kualitas pendidikan yang dimulai dari ruang kelas. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam permasalahan tersebut diatas adalah untuk mengetahui latar alamiah di MI Nurul Falah Jatinangor Kab. Sumedang, mengetahui Perencanaan Manajemen Kelas, mengetahui Pelaksanaan Manajemen Kelas di MI Nurul Falah, mengetahui faktor pendukung dan penghambat Manajemen Kelas di MI Nurul Falah, mengetahui usaha pendidik dalam pelaksanaan Manajemen Kelas di MI Nurul Falah, mengetahui Hasil Pelaksanaan Manajemen Kelas di MI Nurul Falah. Inti utama manajemen kelas adalah menciptakan kondisi disiplin peserta didik agar tetap pada alur yang dikehendaki, mendukung pembelajaran secara kondusif. Kedisiplinan peserta didik menjadi perhatian utama. Jadi pendidik dilatih untuk melakukan penguatan terhadap perilaku peserta didik dengan perilaku yang tepat. Pendidik menyampaikan kepada peserta didik mengenai perilaku yang diharapkan tidak mentolelir perilaku yang menyimpang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan,. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Berdasarkan hasil analisa tersebut, maka hasil penelitian tentang manajemen kelas, dapat disimpulkan Hasil yang dicapai dalam Implementasi manajemen kelas di MI tersebut dapat dilihat dari meningkatnya peserta didik, meningkatnya kualitas pembelajaran, meningktanya prestasi siswa baik dibidang akademik, meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan putraputrinya ke MI. Dan setiap guru terus berusaha untuk meningkatkan manajemen kelas agar dalam pembelajaran siswa terjadi peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas; proses pembelajaran; pengelolaan kelas;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:54
Last Modified: 03 Feb 2020 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29190

Actions (login required)

View Item View Item