Windayanti, Windayanti (208204153) (2013) Penerapan Self Assessment untuk Mengukur Keterampilan Generik Sains Siswa melalui Praktikum Larutan Asam Basa (Penelitiaan Kelas XI IPA MA Al-Ihsan Baleendah Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
Abstract
Larutan asam-basa merupakan konsep abstrak contoh konkrit yang memerlukan pemahaman baik dari segi makroskopik, mikroskopik dan simbolik. Berdasarkan studi pendahuluan, guru cenderung memfokuskan pada aspek perhitungan, dan jarang dilakukan praktikum. Self assessment diterapkan dalam mengembangkan keterampilan generik sains untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam mempelajari larutan asam basa. Metode deskriptif digunakan untuk membuat deskriptif gambaran secara sistematis dan akurat mengenai fakta dan fenomena yang diselidiki. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterampilan generik sains siswa dengan penerapan self assessment dan menganalisis kinerja siswa dalam praktikum larutan asam basa. Subjek penelitian ini terdiri dari 25 orang siswa kelas XI IPA MA Al-Ihsan Baleendah Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi Lembar Kerja Siswa (LKS), lembar self assessment, dan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan generik sains siswa dengan penerapan self assessment pada praktikum larutan asam basa sudah tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata persentase secara keseluruhan sebesar 89,6% dan kinerja siswa dalam pengembangan keterampilan generik sains secara keseluruhan memperoleh hasil yang sangat baik dengan nilai 88,1%. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan self assessment ini dapat diterapkan untuk mengembangkan keterampilan berpikir yang lain pada materi kimia yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self assessment; keterampilan generik sains; konsep larutan asam basa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Inorganic Chemistry > Acid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 16 Feb 2017 02:43 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 01:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2922 |
Actions (login required)
View Item |