Paramita, Sani (2017) Penerapan pembelajaran inkuiri model silver untuk meningkatkan kecakapan ilmiah siswa pada materi suhu dan perpindahan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (739kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MAN Cibalong menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik cenderung pasif dan pembelajaran student center belum bisa dilaksanakan karena terlalu dominanya peran guru di pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri model silver serta peningkatan kecakapan ilmiah siswa setelah diterapkan proses pembelajaran inkuiri model silver pada materi suhu dan perpindahan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-experiment dengan desains penelitian one group pretest-postest design. Penelitian dilakukan di kelas X MIA 2 MAN Cibalong dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling yaitu teknik pengambilan sample dari populasi secara acak tanpa memperhatikan starata yang ada dalam populasi, dimana sample yang diambil adalah sebanyak 30 peserta didik. Data keterlaksanaan guru dan peserta didik yang diperoleh melalui Lembar observasi, sedangkan data peningkatan kecakapan ilmiah siswa diperoleh melalui tes uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata aktivitas guru adalah 96,03% dan rata-rata aktivitas siswa adalah 94,00% dengan kategori sangat baik. begitu juga terdapat peningkatan kecakapan ilmiah siswa dengan rata-rata Ngain sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Selanjutnya diperoleh juga thitung (23,117) > ttabel (2,04), bahwa Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian pembelajaran inkuiri model silver dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecakapan ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran inkuiri model silver; kecakapan ilmiah siswa; suhu; perpindahan kalor |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Physics > States of Matter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rizal Mohamad Sihabudin |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 03:53 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 06:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29253 |
Actions (login required)
View Item |