Pengaruh current ratio (CR) dan debt to equity ratio (DER) terhadap return on investment (roi) PT Tambang Batubara Bukit Asam (persero) TBK yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2005-2016

Rahman, Hanifah Fajri (2017) Pengaruh current ratio (CR) dan debt to equity ratio (DER) terhadap return on investment (roi) PT Tambang Batubara Bukit Asam (persero) TBK yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2005-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB IV)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Perusahaan akan berupaya untuk mengembangkan usahanya guna mendapatkan dana. Investor akan memutuskan berinvestasi di perusahaan yang memiliki keadaan finansal yang baik. Menentukan keadaan keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan menganalisis rasio-rasio keuangannya. Return On Investment dapat digunakan untuk meramalkan laba di masa depan. Rasio yang bisa digunakan untuk menganalisis keuangan adalah Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER). Apabila CR perusahaan semakin tinggi, maka semakin mudah perusahaan membayar hutang, sehingga tingkat likuiditas perusahaan akan semakin baik, yang kemudian akan mempengaruhi ROI perusahaan yang semakin baik. Apabila DER perusahaan meningkat dibandingkan dengan periode yang sebelumnya, maka jumlah hutang lebih besar dari modal sendiri yang dimiliki perusahaan, maka biaya yang ditanggung oleh perusahaan untuk pemenuhan kewajiban akan semakin besar. Sehingga ROI semakin menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Current Ratio terhadap Return On Investment secara parsial, Debt to Equity Ratio terhadap Return On Investment secara parsial dan seberapa besar pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Investment secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan jenis data kuantitatif. Sumber data primer dari laporan keuangan yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2005-2016. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi sederhana, korelasi Pearson Product Moment, regresi berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi dan uji signifikan. Hasil dari pengujian dalam penelitian ini menunjukkan Current Ratio terhadap Return On Investment pengaruhnya tidak signifikan dengan tingkat R^2=31,2%, untuk korelasi cukup kuat dan untuk uji t menunjukkan Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Current Ratio terhadap Return On Investment pengaruhnya tidak signifikan. Debt to Equity Ratio terhadap Return On Investment berpengaruh signifikan dengan tingkat R^2=36,2%, untuk korelasi memiliki hubungan yang kuat dan untuk uji t menunjukkan Ha diterima jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI). Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Investment secara simultan pengaruhnya tidak signifikan, untuk korelasi berganda terdapat hubungan cukup kuat dengan tingkat R2 sebesar 36,4%, dan dengan uji F menunjukan Ho diterima Ha ditolak sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua variabel tersebut secara simultan pengaruhnya tidak signifikan terhadap Return On Investment (ROI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: current ratio; debt to equity ratio; return on investment.
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 10 Feb 2020 02:27
Last Modified: 10 Feb 2020 02:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29348

Actions (login required)

View Item View Item