Fitri Aprillia Komalasari, Fitri (1210205032) (2014) Penerapan Model Pembelajaran M-APOS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII SMPN 2 Tanjungsari Kabupaten Sumedang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (935kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dinilai masih rendah. Hal tersebut salah satunya disebabkan pembelajaran di kelas masih didominasi oleh aktivitas-aktivitas yang ditujukan untuk pencapaian mathematical basic skills semata. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalah tersebut. Model pembelajaran M-APOS menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan quasi experimental design bentuk nonequivalen control group design sehingga ada 3 kelas dengan 2 kelas ekperimen dan 1 kelas kontrol. Kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran APOS, kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran M-APOS dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) aktivitas guru dan siswa yang menggunakan model pembelajaran APOS dengan model pembelajaran M-APOS; (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika; (c) perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika; (d) perbedaan sikap siswa terhadap model pembelajaran APOS dengan model pembelajaran M-APOS. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) rata-rata aktivitas guru yang menggunakan model pembelajaran APOS mengalami peningkatan dari 75%, 87,5% dan 95,83%. Rata-rata aktivitas guru yang menggunakan model M-APOS mengalami peningkatan dari 66,67%, 83,33%, dan 95,83%. Rata-rata aktivitas siswa yang menggunakan model APOS mengalami peningkatan dari 63,89%, 83,33% dan 97,22%. Rata-rata aktivitas siswa yang menggunakan model M-APOS mengalami peningkatan dari 66,67%, 75% dan 91,67%. (b) Dari hasil analisis gain ternomalisasi yang selanjutnya dilakukan uji ANOVA satu jalur didapatkan, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran APOS, pembelajaran M-APOS dengan pembelajaran konvensional. Perbedaan tersebut terdapat antara model APOS dengan model M-APOS, model APOS dengan pembelajaran konvensional, dan antara model M-APOS dengan pembelajaran konvensional. (c) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran APOS, model pembelajaran M-APOS dengan pembelajaran konvensional. (d) Sikap siswa yang menggunakan model pembelajaran APOS dan yang menggunakan model pembelajaran M-APOS bersikap positif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran APOS, Model Pembelajaran M-APOS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 01:11 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 09:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2936 |
Actions (login required)
View Item |