Analisis efektivitas penetapan nilai jual objek pajak (NJOP) bumi terhadap nilai pasar dengan metode assessment sales ratio di kecamatan Purbaratu kota Tasikmalaya

Dayanti, Siti Hanifah (2017) Analisis efektivitas penetapan nilai jual objek pajak (NJOP) bumi terhadap nilai pasar dengan metode assessment sales ratio di kecamatan Purbaratu kota Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan dalam Penentuan Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) tanah dengan nilai pasar. Hal ini disebabkan karena NJOP cenderung bersifat statis karena tidak selalu dilakukan penyesuaian, sedangkan nilai pasar cenderung bersifat dinamis karena mengikuti perkembangan yang terjadi setiap saat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Assessment Rasio (AR) pada masing – masing kelurahan sudah sesuai yang ditetapkan oleh Dirjen Pajak, Apakah penetapan NJOP di Kecamatan Purbaratu berada dalam interval standar International Association of Assessing Officer (IAAO), Bagaimana peran Camat sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Sementara. Penelitian ini menggunakan teori Efektivitas yang dikamukakan oleh Mahmudi (2015:86) yang terdiri dari dua dimensi pokok, yaitu output dan outcome. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yakni untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai masalah-masalah yang diteliti, menginterpretasikan serta menjelaskan data secara sistematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara kapada informan serta pengamatan secara langsung yang dilakukan oleh peneliti. Wawancara yang dilakukan berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa Assessment Ratio pada masing-masing Kelurahan di Kecamatan Purbaratu masih di bawah dari standar yang ditetapkan oleh Dirjen Pajak minimal sebesar 80%. Kelurahan yang memiliki tingkat Assessment Ratio terendah adalah Kelurahan Sukanagara sebesar 0,69, sedangkan tertinggi dicapai oleh Kelurahan Sukamenak sebesar 0,82, untuk Kelurahan Sukajaya sebesar 0,79 Kelurahan Singkup sebesar 0,75 Kelurahan Sukaasih sebesar 0,74 dan Kelurahan Purbaratu sebesar 0,72. Berdasarkan hasil pengukuran tendensi sentral diperoleh nilai mean/median sebesar 0,2 (2%) memberi indikasi bahwa dalam menentukan NJOP terjadi Under-assessment. Peran Camat sebagai PPAT Sementara sangat berperan dalam memberikan kepastian hukum terhadap proses pembuatan akta peralihan hak atas tanah dan PPATS harus tetap berpegang teguh pada tugas pokok dan kewenangannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: efektivitas; nilai jual objek pajak (NJOP); assessment sales ratio
Subjects: Public Finance > Taxes and Taxation
Commerce, Trade > Retail Trade
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:29
Last Modified: 11 Feb 2020 07:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29402

Actions (login required)

View Item View Item