Fauziah, Syifa (2019) Pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi virus: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan penerapan soal HOTS belum pernah diujikan. Hal ini berimplikasi pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang kurang pada pembelajaran Biologi. Model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) merupakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa berpartisipasi aktif dan memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MEA terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi virus kelas X IPA SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalen control group design dimana kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen dipilih berdasarkan suatu pertimbangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen 0,66 dan kelas kontrol 0,43. Teknik analisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α= 5%, diperoleh bahwa thitung > ttabel yakni (7,29)>(1,99) artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi virus kelas X IPA SMA Muhammadiyah 4 Bandung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Means Ends Analysis; pemecahan masalah; virus |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Education, Research Public Preventive Medicine > Incidence of and Public Measure to Prevent Disease |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Syifa Fauziah |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 06:31 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 06:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29473 |
Actions (login required)
View Item |