Imam Jurjani, Imam (1209104009) (2014) Efektivitas Penguasaan Retorika dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri (Penelitian di Kalangan Siswa MTs Al Ittihadiah Pesantren Al Baqiatussolihat Kabupaten Bekasi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (469kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari adanya fenomena yang muncul di pondok pesantren Al Baqiatussolihat, antara pengaruh efektifitas penguasaan retorika dalam meningkatkan kepercayaan diri di pesantren, salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa adalah dengan cara melatih retorika di depan umum, dalam hal ini siswa di wajibkan untuk mengikuti kegiatan ekstra-kurikuler muhadoroh, untuk melatih bepidato serta meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses belajar mengenai retorika di pesantren. Untuk mengetahui teknik-teknik peningkatan penguasaan retorika, untuk mengetahui kunci sukses membangun rasa percaya diri, untuk mengetahui penguasaan retorika yang efektif dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri di kalangan siswa MTs Al Ittihadiah. Penelitian ini berdasarkan pada keadaan bahwa dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di pengaruhi oleh efektivitas penguasaan retorika (pidato). Dari asumsi tersebut dapat di jadikan hipotesis, dewasa kini apabila kita mempunya kepercayaan diri yang tinggi dan di tunjang dengan perkataan yang bagus maka akan mudah untuk menjalani hidup yang penuh dengan persaingan ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode kualitatif adalah suatu pendekan yang juga disebut pendekatan investigasi karna biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang orang di tempat penelitian metode, sedangkan metode deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta mengenai objek tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas II dan III MTs Al Ittihadiah Pesantren Al Baqiatussolihat dengan jumlah responden sebanyak 57 orang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa proses belajar mengenai retorika yang dilaksanakan oleh para siswa MTs Al Ittihadiah ini selalu rutin dilakukan. Teknik-teknik yang digunakan untuk meningkatkan penguasaan retorika di Pesantren Al Baqiatussolihat ini adalah persiapan naskah pidato, latihan, semangat/motivasi, dan pola hidup. Kunci sukses yang dilakukan untuk memperoleh rasa percaya diri dari para peserta pidato adalah mengembangkan sifat positif dalam diri, mempunyai tujuan dan kemampuan, meningkatkan pergaulan, penampilan (performance), dan juga memilih teman yang baik. Penguasaan retorika yang efektif dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri di kalangan siswa pesantren Al Baqiatussolihat ini yakni sebelum dimulainya pidato para peserta diharuskan mempersiapkan naskah pidato terlebih dahulu, kemudian memunculkan semangat/motivasi dalam diri, dan dijadikan sebagai pola hidup yang dilakukan secara berkesinambungan. Setelah semuanya dilakukan dengan sebaik-baiknya barulah para peserta pidato bisa memperoleh rasa percaya diri yang kuat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Retorika, Kepercayaan Diri, tasawuf, psikoterapi, pesantren |
Subjects: | Islam > Sufi Theology Islam > Islamic Religious Education Rhetoricand Collections of Literary > Rhetoric of Speech |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 03:09 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 09:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2949 |
Actions (login required)
View Item |