Maulida, Noviani (2019) Pengaruh pembelajaran berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dengan blended learning terhadap peningkatan berkomunikasi pada materi sistem gerak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang meningkatnya keterampilan berkomunikasi dalam pembelajaran biologi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, keterampilan berkomunikasi, pengaruh, dan respon terhadap pembelajaran berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) pada materi sistem gerak. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA B sebagai kelas eksperimen dan XI MIA C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan, lembar observasi keterampilan berkomunikasi lisan, tes keterampilan berkomunikasi tulisan, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa menggunakan pembelajaran berbasis TPACK dengan blended learning berkategori sangat baik. Keterampilan berkomunikasi tulisan siswa terdapat peningkatan pada kelas eksperimen dengan N-Gain 0,72 (Tinggi) dan kelas kontrol 0,40 (sedang). Keterampilan berkomunikasi lisan kelas eksperimen sebesar 77% (Baik), dan kelas kontrol 61% (cukup). Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis TPACK dengan blended learning memperoleh rata-rata 91,3 kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi pada materi sistem gerak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning; Keterampilan Berkomunikasi; Materi Sistem Gerak; TPACK |
Subjects: | Biology > Statistical Methods of Biology Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Noviani Maulida |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 06:29 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 06:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29556 |
Actions (login required)
View Item |