Pengaruh pembelajaran berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dengan blended learning terhadap peningkatan berkomunikasi pada materi sistem gerak

Maulida, Noviani (2019) Pengaruh pembelajaran berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dengan blended learning terhadap peningkatan berkomunikasi pada materi sistem gerak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang meningkatnya keterampilan berkomunikasi dalam pembelajaran biologi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, keterampilan berkomunikasi, pengaruh, dan respon terhadap pembelajaran berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) pada materi sistem gerak. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA B sebagai kelas eksperimen dan XI MIA C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan, lembar observasi keterampilan berkomunikasi lisan, tes keterampilan berkomunikasi tulisan, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa menggunakan pembelajaran berbasis TPACK dengan blended learning berkategori sangat baik. Keterampilan berkomunikasi tulisan siswa terdapat peningkatan pada kelas eksperimen dengan N-Gain 0,72 (Tinggi) dan kelas kontrol 0,40 (sedang). Keterampilan berkomunikasi lisan kelas eksperimen sebesar 77% (Baik), dan kelas kontrol 61% (cukup). Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis TPACK dengan blended learning memperoleh rata-rata 91,3 kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi pada materi sistem gerak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning; Keterampilan Berkomunikasi; Materi Sistem Gerak; TPACK
Subjects: Biology > Statistical Methods of Biology
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Noviani Maulida
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:29
Last Modified: 17 Feb 2020 06:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item View Item