Peningkatan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Miftahul Huda Kota Cimahi

Rohmah, Siti (2019) Peningkatan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Miftahul Huda Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Kota Cimahi, yakni rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang membuat siswa kurang antusias dan mudah bosan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang monoton dan guru belum bervariatif dalam menerapkan model pembelajaran yang membuat pembelajaran belum terpusat pada siswa. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran time token dan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran time token. Penelitian ini dapat memberikan gambaran proses peningkatan motivasi belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran time token. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunaan model pembelajaran time token. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan model pembelajaran time token diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan terdiri dari empat tahap disetiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, obervasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan lembar angket motivasi belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Huda Kota Cimahi yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran time token mencapai 50% dengan kriteria kurang sekali. Aktivitas guru pada siklus I tindakan I mencapai 59% dengan kriteria kurang, tindakan II mencapai 69,1% dengan kriteria cukup, siklus II tindakan I mencapai 79,4% dengan kriteria baik, tindakan II mencapai 89,7% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I tindakan I mencapai 57,2% dengan kriteria kurang, tindakan II 63,3% dengan kriteria cukup, siklus II tindakan I mencapai 76% dengan kriteria baik dan tindakan II mencapai 86,2 dengan kriteria sangat baik. Adapun motivasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran time token pada siklus I mencapai 62% dengan kriteria sedang sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa mencapai 96% dengan kriteria sangat baik. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar siswa;model time token
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Rohmah Kusnindar
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:39
Last Modified: 06 Mar 2020 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29982

Actions (login required)

View Item View Item