Rosalina, Mia (2017) Personal branding Dedi Mulyadi melalui facebook: Studi kasus Dedi Mulyana dalam membangun personal branding sebagai bupati Purwakarta periode 2013-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
Abstract
Personal branding merupakan sesuatu yang sangat penting dan syarat utama dalam menunjang kesuksesan seseorang terutama bagi seorang pejabat publik. Dukungan yang tidak hanya melalui kata-kata tetapi sampai pada tindakan nyata. Upaya untuk membangun personal branding pun saat ini tidak hanya dilakukan secara langsung dan menggunakan media tradisional tetapi seiring berkembangnya teknologi komunikasi personal branding juga dapat memanfaatkan media sosial salah satunya facebook. Salah satu pejabat publik yang aktif menggunakan facebook adalah Bupati Purwakarta yaitu Dedi Mulyadi. Dedi Mulyadi yang telah dua kali menjabat sebagai Bupati Purwakarta, kini dikenal masyarakat sebagai pejabat publik yang dekat dengan masyarakat hal itu ditunjukkannnya dengan berbagai kiriman yang diunggahnya melalui facebook. Pengikut fanpage facebook Dedi Mulyadi mencapai 8.006.702 followers dan setiap kiriman yang diunggahnya bisa mencapai ribuan like dan komentar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Dedi Mulyadi membangun personal branding sebagai Bupati Purwakarta melalui facebook. Penelitian ini menggunakan konsep langkah personal branding PDAC (Plan, Deploy, Act, Cultivate) Hubert Rampersad. Metode yang digunakan yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa perencanaan personal branding Dedi Mulyadi berdasarkan penggunaan facebook tidak dilakukan dengan perencanaan yang khusus, Dedi Mulyadi beranggapan personal brandingnya merupakan persepsi atau opini publik yang terbentuk dari hasil kinerja, cara berpenampilan, dan cara berkomunikasi. Penyebaran personal branding Dedi Mulyadi berdasarkan penggunaan facebook tidak lepas dari pengelolaan facebook yang teorganisir diantaranya mengelola konten facebook secara pribadi dan dibantu oleh tim dari Diskominfo untuk hal teknis, melakukan penambahan followers dan promosi kiriman, menggunakan fitur facebook seperti pada umumnya, mengunggah konten yang memuat manfaat dan berkomunikasi interaktif dengan netizen. Tindakan personal branding Dedi Mulyadi berdasarkan penggunaan facebook yaitu menampilkan sosoknya yang apa adanya sebagai Bupati yang pro rakyat, inovatif, concern pada budaya Sunda, sederhana, religius, dekat dengan masyarakat dan memiliki keahlian dalam bidang seni. Pengembangan personal branding Dedi Mulyadi berdasarkan penggunaan facebook yaitu dengan meminta saran dari orang yang dipercaya, menjadikan opini publik sebagai tolak ukur keberhasilan dan mengevaluasi penggunaan facebook secara intens.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | personal branding; facebook; media sosial; dedi mulyadi |
Subjects: | Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web) Biography, Obituary > Men Biography |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 04:10 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 04:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30043 |
Actions (login required)
View Item |