Adam, Adam (2019) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru: Studi kasus kepala MTs Putri Siti Hajar Cileunyi, Kab. Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK BAHASA ARAB)
2_abstrak_b.arab.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK BAHASA INDONESIA)
3_abstrak_b.indonesia.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK BAHASA INGGRIS)
4_abstrak_b.inggris.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
5_daftarisi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
6_bab1.pdf Download (582kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
7_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
||
Text (BAB III)
8_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
||
Text (BAB IV)
9_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
||
Text (BAB V)
10_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
Abstract
Kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan perannya sangat penting untuk membantu guru dan muridnya. Didalam kepemimpinnya kepala harus dapat memahami, mengatasi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi di lingkungan madrasah. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan seorang kepala madrasah harus mampu meningkatkan kinerja para guru atau bawahannya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi seseorang, sebagai kepala madrasah harus mampu memberikan pengaruh-pengaruh yang dapat menyebabkan guru tergerak untuk melaksanakan tugasnya secara efektif sehingga kinerja mereka akan lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi guru di MTs Putri Siti Hajar Cileunyi, Implementasi program kepala madrasah, evaluasi program kepala madrasah, faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru, serta dampak program kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Putri Siti Hajar Cileunyi. Metodologi penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini termasuk Field Research (penelitian lapangan). Pendekatan yang digunakan adalah 1) pendekatan penelitian yaitu: fenomenologi, etnometodologi, interaksi simbolik, dan pendekatan manajemen. 2) pendekatan studi yaitu: pendekatan pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yaitu human instrumen, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yaitu obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa program kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru meliputi: meningkatkan kompetensi pedagogik, meningkatkan kompetensi kepribadian, meningkatkan kompetensi sosial, dan meningkatkan kompetensi profesional. Implementasi program kepala MTs Putri Siti Hajar Mempunyai peran sebagai Edukator, manajer, administrator, supervise, dan leader sehingga harus mampu meningkatkan beberapa aspek kompetensi pedagogik yang dimiliki guru di MTs Putri Siti Hajar Cileunyi. Maka dari itu kepala madrasah sesuai dengan kapasitasnya memaksimalkan keempat peran tersebut untuk meningkatkan kompetensi pedagogik para guru salah satunya dengan cara mengikutsertakan pelatihan guru ditingkat Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi; Kepemimpinan; Implementasi; Dampak |
Subjects: | Administration of Economy > Administration of Agriculture Administration of Economy > Administration of Communications |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | adam adam |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 02:41 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 03:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30094 |
Actions (login required)
View Item |