Putra, Adytia Permana (2020) Peningkatan penguasaan konsep peserta didik melalui experimen laboratorium virtual phet materi teori kinetik gas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran fisika sering dikatakan sulit oleh peserta didik karena rumit dan membosankan sehingga peserta didik merasa kurang menguasai konsep dalam pembelajaran fisika. Dibutuhkan media pembelajaran laboratorium virtual PhET strategi yang mampu memberikan dorongan kepada peserta didik untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan penggunaan laboratorium virtual PhET dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik materi teori kinetik gas. Sampel penelitian seluruh peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Al-Hidayah Ciparay berjumlah 33 orang. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode pre experimental dengan penggunaan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan lembar SAS hasil jawaban peserta didik berbasis AABTLT dan tes penguasaan konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) persentase rata-rata keterlaksanaan proses kegiatan pembelajaran penggunaan laboratorium virtual PhET yaitu 72% dengan kategori efektif, (2) peningkatan penguasaan konsep peserta didik diperoleh melalui nilai N-Gain sebesar 0,635 mengalami peningkatan yang sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laboratorium virtual PhET; SAS; AABTLT; Penguasaan Konsep. |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Elementary Education > Science for Elementary Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | adytia permana putra |
Date Deposited: | 27 Mar 2020 09:09 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 11:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30199 |
Actions (login required)
View Item |