Penerapan model word square untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan kegiatan ekonomi: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bandung

Darselina, Amelia (2017) Penerapan model word square untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan kegiatan ekonomi: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan masalah yang terdapat dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Nurul Huda Kota Bandung bahwa aktivitas belajar peserta didik rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses belajar dan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkanlah model word square. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan model word square pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan kegiatan ekonomi; (2) aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model word square pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan kegiatan ekonomi pada setiap siklusnya; (3) aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan model word square pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan kegiatan ekonomi pada setiap siklusnya. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar peserta didik dapat meningkat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya penggunaan model word square. Sehingga hipotesis tindakan yang diajukan, penerapan model word square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kegiatan ekonomi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penelitan dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada setiap siklus dilakukan empat tindakan mulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa silabus, RPP, dan lembar observasi. Adapan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan study dokumen. Analisis data dengan pendekatan statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum menggunakan model word square hanya mencapai 46,3%(Kurang Aktif). (2) Proses pembelajaran pada pembelajaran IPS pada setiap siklus dan tindakannya tergolong aktif. Aktivitas guru pun tergolong aktif. Pada siklus I tindakan I sebesar 75,5% (Aktif), siklus I tindakan II 83,6% (Sangat Aktif), siklus II tindakan I sebesar 86% (Sangat Aktif), siklus II tindakan I sebesar 94% (Sangat Aktif). (3) Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS pada setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I rata-rata sebesar 79,55% (Sangat Aktif) dan siklus II dengan rata-rata sebesar 88,25% (Sangat Aktif). Dari data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model word square pada pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model word square; aktivitas belajar siswa; mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:13
Last Modified: 11 Mar 2020 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30210

Actions (login required)

View Item View Item