Pengembangan media pembelajaran berbasis komik biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi mahluk hidup

Hamidah, Nur (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis komik biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi mahluk hidup. Diploma thesis, UIN Sunan Gunug Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Ketersediaan media yang terbatas dapat menjadikan minat belajar siswa yang rendah dan mempengaruhi hasil belajar serta keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan mengasilkan media pembelajaran berbasis komik guna meningkatkan minat belajar yang secara tidak langsung meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Selain itu bertujuan untuk mengetahui nilai validasi dan peningkatan keterampilan berpikir kritis serta respon siswa terhadap media yang telah dikembangkan. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang terdiri atas empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Uji coba terbatas dilakukan pada sampel kelas VII D di MTs. Ar-Rosyidiyah yang berjumlah 30 siswa dengan model penelitian pre-experimental one group design. Hasil penelitian berupa deskripsi tahap define, design, develop dan disseminate. Nilai total validasi dari komponen materi, penyajian, bahasa, dan kegrafisan komik yaitu sebesar 89,3 dengan kategori sangat layak. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa mendapatkan nilai N-Gain 0,61 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap penerapan media yang telah dikembangkan untuk pembelajaran sebesar 88,5 dengan kategori respon sangat baik. Media komik hasil pembangan ini dianggap telah layak untuk digunakan di sekolah serta dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media komik, keterampilan berpikir kritis siswa, klasifikasi mahluk hidup.
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Drawing and Drawings > Cartoons, Caricatures, Comics Drawings
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Hamidah Harist
Date Deposited: 20 Jul 2020 06:50
Last Modified: 20 Jul 2020 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item View Item