Keefektifan metode tutor sebaya dan aktivitas belajar peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur'an: Penelitian di SMK Bhineka Nusantara Cianjur

Maspupah, Neng Lutfi (2019) Keefektifan metode tutor sebaya dan aktivitas belajar peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur'an: Penelitian di SMK Bhineka Nusantara Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya kemampuan peserta didik kelas XI SMK Bhineka Nusantara Cianjur dalam membaca dan menulis al-Qur’an. Keadaan tersebut tentunya berdampak pada nilai kognitif yang diperoleh peserta didik yang belum mencapai kriteria dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, sehingga peserta didik cenderung malas, bosan dan tidak ada usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Aktivitas pembelajaran al-Qur’an peserta didik dengan menggunakan metode tutor sebaya. 2) Kondisi awal dan akhir kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an dengan menggunakan metode tutor sebaya. 3) Keefektifan metode tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an. 4) Tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran al-Qur’an menggunakan metode tutor sebaya. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dimulai sejak tanggal 3 Mei 2019 sampai 24 Mei 2019 dengan populasi peserta didik SMK Bhineka Nusantara Cianjur. Sampel yang diambil adalah peserta didik kelas XI sebanyak 44 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Aktivitas pembelajaran al-Qur’an di SMK Bhineka Nusantara sudah berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun. 2) kondisi awal kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an dilihat dari mean berkategori baik dengan rata-rata nilai yang diperoleh 75,05 dan 71,05. Kondisi akhir kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an setelah menggunakan metode tutor sebaya mendapat nilai mean dengan kategori baik sekali dengan rata-rata nilai yang diperoleh yaitu 80,14. Dari hasil mean pretest dan posttest terlihat adanya perbandingan peningkatan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an kelompok eksperimen dengan N-Gain sebesar 0,17 dan N-Gain kelompok kontrol sebesar 0,08 3) Metode tutor sebaya efektif meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an 4) Peserta didik memberi tanggapan yang baik terhadap pembelajaran al-Qur’an menggunakan metode tutor sebaya. Adapun saran yang ingin diberikan sebagai berikut: Bagi kepala sekolah, hendaknya mengintruksikan guru PAI dan bagian keagamaan dan umumnya seluruh guru SMK Bhineka Nusantara Cianjur untuk terus meningatkan kemampuan dirinya dalam mengajar al-Qur’an. Bagi guru PAI dan keagamaan agar selalu optimis dan semangat untuk terus belajar, berkarya dan berinovasi dalam membuat hal-hal yang kreatif yang bisa dimanfaatkan utamanya ketika mengajar di kelas. Selain itu juga hendaknya guru dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan dan melatih kecerdasan serta potensi yang dimiliki oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Tutor Sebaya; Aktivitas Belajar; Membaca dan Menulis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neng Lutfi Maspupah
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:53
Last Modified: 13 Jan 2022 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30309

Actions (login required)

View Item View Item