Pengaruh penggunaan metode pembelajaran talking stick dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi eksperimen pada kelas 7 SMPN 3 Cileunyi

Nugraha, Chepy Eka (2020) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran talking stick dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi eksperimen pada kelas 7 SMPN 3 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pendahuluan disekolah SMPN 3 Cileunyi terdapat kasus-kasus siswa yang mengobrol, mengantuk bahkan mengganggu teman yang lain pada saat proses pembelajaran berlangsung. Namun, masih ditemukan juga beberapa faktor yang lain yang menjadi hambatan dalam motivasi belajar. Salah satunya hal ini ditandai dengan kurangnya pengelolaan kelas dalam bentuk pengondisian siswa agar lebih bersemangat dalam belajar. Dengan demikian, dengan adanya penggunaan metode talking stik diharapkan mampu meningkatkan dan menunjang pembelajaran sehingga siswa termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui penggunaan metode pembelajaran talking stick di SMPN 3 Cileunyi, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Cileunyi dan pengaruh penggunaan metode pembelajaran talking stick dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di sekolah. Penelitian ini berpijak pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor eksternal, instrumental dan internal. Faktor instrumental termasuk metode di dalamnya, ialah motivasi yang diharapkan dapat menjadi sebuah dorongan dalam belajar siswa melalui penerapan metode talking stick. Maka diasumsikan bahwa penggunaan metode talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriftif, untuk mengetahui secara konkrit untuk mengetahui secara pasti dan menggali beserta mengungkapkan fenomena secara empirik yang terjadi pada proses pembelajaran PAI di sekolah SMPN 3 Cileunyi. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran tes, angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Kemudian analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistika quasi eksperimen meliputi pengujian kelas yang diberi perlakuan dan tidak diberi perlakuan, kemudian menguji t sampai dengan mencari pengaruh tinggi rendahnya dari perhitungan N-gain. Realitas pengaruh penggunaan metode pembelajaran talking stick dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Sekolah berkategori sedang. Hal ini Berdasarkan hasil di dapatkan dari nilai kelas kontrol dengan rata-rata pre-test 50,23 dan rata-rata post-test sebesar 75,4. Dengan perolehan nilai N-gain sebear 0,2 termasuk kategori rendah. Sedangkan kelas eksperimen dengan rata-rata pre-test 59,8 dan rata-rata post-test sebesar 85,4, dengan perolehan nilai N-gain sebear 0,4 termasuk kategori sedang. Hasil Uji hipotesi terdapat pengaruh ttabel 2,00 < dari thitung 9,6. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode talking Stick dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Cileunyi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode, talking stick, motivasi, belajar, PAI.
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: chepy eka nugraha
Date Deposited: 22 Jul 2020 03:37
Last Modified: 22 Jul 2020 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30314

Actions (login required)

View Item View Item