Pengelolaan promosi Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu melalui event Ciletuh Geopark Festival 2016: Studi kasus pada badan pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu

Fitrian, Syarah (2017) Pengelolaan promosi Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu melalui event Ciletuh Geopark Festival 2016: Studi kasus pada badan pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan promosi merupakan salah satu langkah Public Relations dalam mengatur dan menyebarkan informasi terkait suatu produk perusahaan. Pengelolaan promosi juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap keberadaan produk, dalam hal ini Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu melakukan promosi untuk mengenalkan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu kepada publik, yaitu sebagai kawasan Taman Bumi baru yang ada di Jawa Barat. Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sebelum melakukan pengelolaan promosi publik belum mengetahui keadaan Geopark di Jawa Barat, namun setelah dilakukan promosi melalui event Ciletuh Geopark Festival 2016 publik mulai sadar dengan keberadaan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses mengidentifikasi masalah, proses perencanaan, proses pelaksanaan, dan proses evaluasi yang dilakukan oleh Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu melalui Event Ciletuh Geopark Festival 2016. Penelitian ini atas dasar konsep Four Step Public Relations, konsep ini merupakan konsep dari Cutlip, Center, Broom (dalam Morrisan, 2008:108) Keempat langkah ini menjelaskan mengenai defining the problem untuk melihat situasi, planning and programming untuk peyusunan program, taking action and communicating untuk implementasi, dan evaluating the program untuk penilaian atas persiapan, pelaksanaan dan hasil-hasil program. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode studi kasus di Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu serta pendekatan kualitatif, sehingga peneliti memberikan gambaran objek promosi Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu secara jelas dan sistematis, penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh baik dari pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan promosi yang dilakukan oleh Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu melalui Event Ciletuh Geopark Festival 2016 melalui beberapa tahapan yaitu menentukan masalah meliputi survei, dan melihat situasi, selanjutya proses perencanaan meliputi penetapan konsep, tempat dan waktu, serta sosialisasi pre event, selanjutnya proses pelaksanaan meliputi rangkaian kegiatan acara, dan terakhir proses evaluasi meliputi rapat evaluasi program yang sudah dijalankan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan promosi; four step public relations; badan pengelola geopark; wisata
Subjects: General Management > Sales Promotion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 30 Mar 2020 16:24
Last Modified: 30 Mar 2020 16:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30373

Actions (login required)

View Item View Item