Manajemen promosi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan melalui event Kai Travel Fair 2017: Studi kasus pada corporate passenger marketing kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung

Haryani, Sri (2017) Manajemen promosi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan melalui event Kai Travel Fair 2017: Studi kasus pada corporate passenger marketing kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Promosi merupakan kegiatan penyampaian informasi tentang merek, produk, atau program kepada masyarakat yang bertujuan menciptakan brand awareness, membangun merek, menciptakan loyalitas pelanggan, dan sebagai sarana untuk mengedukasi pelanggan yang pada akhirnya dapat menjadikan suatu brand atau produk berada di posisi Top of Mind. PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menggunakan event dan mengatakan bahwa event tersebut dinilai efektif dalam kegiatan pemasaran. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merencanakan kegiatan event ini dengan tujuan untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggannya dengan memberikan potongan harga tiket sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen promosi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan melalui event KAI Travel Fair 2017. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pengelolaan promosi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan melalui event, perencanaan atau pelaksanaan yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penelitian ini didasarkan pada asumsi sebuah konsep four step public relations, yaitu proses promosi yang pengelolaannya indetik dengan aktifitas public relations didalamnya terdiri atas fact finding (penentuan masalah), planning and programming (perencanaan), action and communication (bertindak dan komunikasi), dan evaluating (evaluasi). Menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen promosi yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam meningkatkan loyalitas pelanggan yaitu melakukan dengan cara membuat event. Misalnya event KAI Travel Fair. Perencanaan program promosi yang dilakukan PT KAI harus sesuai target dan rencana yang telah disusun selama 1 tahun sebelumnya, kemudian menyesuaikan dengan anggaran, dan mencari fendore. PT KAI melakukan pelaksanaannya yaitu dengan mengundang media untuk mengiklankan event tersebut. Media tersebut membantu menginformasikan bahwa KAI akan mengadakan program melalui event kepada khalayak. Ada beberapa media yang digunakan seperti melalui televisi, media sosial dan digital. Tahap terakhir yang dilakukan oleh PT KAI yaitu dengan melihat dari data statistik yang secara berkala dilihat naik atau turun, apabila naik tentunya event ini dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: event; loyalitas pelanggan; promosi
Subjects: General Management > Sales Promotion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 01 Apr 2020 08:43
Last Modified: 01 Apr 2020 08:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30398

Actions (login required)

View Item View Item