Pembelajaran agama Islam melalui media sosial dalam mengembangkan toleransi beragama : Tinjauan pendidikan Islam terhadap Majelis Al-Bahjah dan Quantum Akhyar Institue

Syah, Muhibbin and Supiana, Supiana and Arifin, Bambang Syamsul and Erihadiana, Mohamad (2020) Pembelajaran agama Islam melalui media sosial dalam mengembangkan toleransi beragama : Tinjauan pendidikan Islam terhadap Majelis Al-Bahjah dan Quantum Akhyar Institue. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
KTI Pembelajaran Agama Fix.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Majlis taklim diharapkan mengembangkan toleransi beragama. Oleh karenanya, pada era digital saat ini masyarakat memerlukan majlis taklim via media sosial yang dapat mengembangkan sikap dan perilaku toleran baik terhadap orang yang seagama maupun orang yang tidak seagama. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi sekaligus mendeskripsikan pembelajaran agama Islam Majlis Taklim Al-Bahjah dan Quantum Akhyar Institute di media sosial dalam mengembangkan sikap dan perilaku yang toleran dalam beragama. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran agama Islam via media sosial di kedua majlis taklim tersebut bertujuan mengembangkan sikap dan perilaku toleran dalam beragama. Metode pembelajarannya adalah metode kontekstual dan ekpositori. Kajian kedua majlis taklim ini berdampak terhadap berkembangnya toleransi beragama di kalangan masyarakat Muslim.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran agama; media sosial; toleransi;
Subjects: Islam
Islam > Islam and Social Sciences
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Mohamad Erihadiana
Date Deposited: 01 May 2020 04:32
Last Modified: 01 May 2020 04:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30579

Actions (login required)

View Item View Item