Mengembangkan profesionalitas guru pendidikan agama Islam di sekolah dasar melalui lesson study

Zain, Irfan Ahmad and Jamaluddin, Jamaluddin and Rosyidah, Ida and Mulyani, Heny (2020) Mengembangkan profesionalitas guru pendidikan agama Islam di sekolah dasar melalui lesson study. In: LP2M. (Submitted)

[img]
Preview
Text (Full Text)
KTI IRFAN PAI 2020.pdf - Submitted Version

Download (415kB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Profesionalitas menjadi aspek penting dalam pembelajaran, kesiapan guru dalam merancang skenario pembelajaran menjadi dasar untuk keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru dalam mengembangkan kompetensi professional. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif jenis studi kasus dengan melibatkan beberapa guru PAI, kepala sekolah, serta pengawas. Setelah selesai, terjadi dialog antara guru model dan observer terkait pembelajaran yang sudah dilaksanakannya. Setelahnya dilakukan tindakan lesson study terdapat perbedaan pada guru model ketika mengajar, hal ini terlihat dari lembar penilaian observer yang rata-rata memberikan penilaian baik dan sangat baik sekali pada setiap fokus pengamatan yang dilakukan. Dengan demikian lesson study memberikan perubahan kepada guru model yang sangat baik pada aspek perencanaa, pelaksanaan, dan dalam melakukan penilaian pembelajaran, hal ini tentunya dapat menjadikan guru sebagai tenaga pendidik yang lebih profesional. ENGLISH : Professionality is an important aspect of learning, the readiness of teachers in designing learning scenarios is the basis for successful learning. This research aims to provide training to teachers in developing professional competencies. The method used in this study uses a descriptive qualitative research approach to the type of case study involving several PAI teachers, principals, and supervisors. After finishing, there is a dialogue between the model teacher and the observer related to the learning that has been carried out. After the lesson study action, there is a difference in the model teacher when teaching, this can be seen from the observer assessment sheet which on average gives a good and very good assessment on each focus of the observations made. Thus lesson study provides changes to the teacher's excellent model in the aspects of planning, implementation, and in assessing learning, this can certainly make teachers as more professional educators.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: lesson study; profesionalitas
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irfan Ahmad Zain
Date Deposited: 04 May 2020 07:59
Last Modified: 04 May 2020 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30617

Actions (login required)

View Item View Item