Pengelolaan pembelajaran jarak jauh: Kajian dasar hukum dan respon mahasiswa

Wahyudin, Dedih and Karim, Agus and Saepurrohman, Aep and Odang, odang (2020) Pengelolaan pembelajaran jarak jauh: Kajian dasar hukum dan respon mahasiswa. In: Work From Home. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Pengelolaan Pendidikan Jarak Jauh.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan informasi dasar hukum penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh dan respon mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa wabah Covid-19. Penelitian kualitatif deskriptif metode yang dipakai, data dikumpulkan dengan cara observasi kemudian kuesioner terhadap 175 mahasiswa. Hasil yang diperoleh mahasiswa yang memiliki motivasi belajar sekitar 63,4%, 12,6% sudah menyisihkan aktifitas kesehariannya untuk belajar lebih dari 5 jam, 41,7% menyisihkan untuk kegiatan belajarnya antara 2 jam sampai dengan 5 jam, dan 9,1% hanya menyisihkan untuk kegiatan belajarnya kurang dari 2 jam, dan 36,6% tidak pernah membuat target dalam belajarnya. 99% mahasiswa sudah menggunakan perangkat elektronik untuk belajar dan 1% mahasiswa yang belum menggunakan perangkat elektronik. 89,1% menyatakan faktor keberhasilan belajarnya ditunjang oleh perangkat elektronik, dengan 51,4% mahasiswa menyenangi media video tutorial, 15,4% mahasiswa menyenangi penggunaan audio, dan 22,9% dalam bentuk artikel teks, serta yang 10,3% masih menyenangi secara tatap muka dan menggunakan media cetak. Ketika mahasiswa melakukan pembelajaran secara daring perlu tidaknya diskusi, sebanyak 22,3% menyatakan level penting melakukan diskusi bersama dengan dosen, 51,4% menyatakan level agak penting, dan yang menyatakan tidak penting sekitar 1,7%. Lama belajar menggunakan handphone atau komputer, sebanyak 20% bisa menatap layar lebih dari 4 jam, yang menyatakan antara 2 sampai 4 jam sekitar 44,6% mahasiswa, dan yang kurang dari 2 jam menatap layar sebanyak 33,7%. Kendala mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring dari rumah diantaranya : a) terkendala dengan handphone sekitar 1,1%, b) terkendala dengan komputer 16%, c) terkendala sinyal 62%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; daring; respon; perangkat; elektronik
Subjects: Law
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dedih Wahyudin
Date Deposited: 03 May 2020 06:01
Last Modified: 03 May 2020 06:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30652

Actions (login required)

View Item View Item