Pembelajaran bahasa Arab melalui daring : Problematika, solusi dan harapan

Kosim, Nanang and Turmudi, Imam and Maryani, Novy and Hadi, Abdul (2020) Pembelajaran bahasa Arab melalui daring : Problematika, solusi dan harapan. Work From Home. (Submitted)

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_BAHASA_ARAB_MELALUI_DARING_NEW_1[1].pdf

Download (851kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika, solusi dan harapan pembelajaran bahasa Arab melalui daring pada mahasiswa Prodi PBI dan Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan teknik kuesioner dengan mengajukan sebanyak 9 pertanyaan terhadap 228 orang responden. Berdasarkan data ditemukan bahwa pembelajaran bahasa Arab berjalan dengan baik yakni sebanyak 77% responden menyatakan pembelajaran bahasa Arab melalui daring berjalan dengan baik, dan 94% dilaksanakan sesuai jadwal perkuliahan yang ditetapkan oleh fakultas. Bahan ajar yang digunakan adalah buku bahasa arab yang disusun oleh TIM penulis Lembaga Bahasa. Materi yang diperloleh melalui pembelajaran daring cukup diterima oleh mahasiswa (61%). Lebih dari 5 media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran daring, dan mayoritas (>67%) menggunakan Google Classroom. Terdapat 51% responden belum terbiasa melakukan pembelajaran bahasa Arab dengan sistem daring namun secara umum proses pembelajaran bahasa arab berjalan dengan baik. Problematika yang dihadapi oleh responden, 14% terdapat pada pelafalan kata dan kalimat, 22% responden menyatakan materi pelajaran yang dianggap terlalu banyak dan sulit dipahami, 14% terdapat pada lingkungan dan minat serta motivasi belajar mahasiswa dan 24% waktu yang tersedia untuk belajar dianggap terlalu sedikit. Pembelajaran bahasa Arab melalui daring dapat digunakan dengan pertimbangan menyiapkan modul pembelajaran dan TIK serta memperhatikan kondisi mahasiswa dan dosen, sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, sistem daring ini dapat dijadikan model pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa di masa yang akan datang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; bahasa Arab; daring; problematika; solusi dan harapan;
Subjects: Arabic
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dr. Nanang Kosim Kosim
Date Deposited: 04 May 2020 06:53
Last Modified: 04 May 2020 06:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30665

Actions (login required)

View Item View Item