Salamatunnur, Cicha (2019) Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak: Penelitian kuantitatif korelasi di kelas VIII MTs Mekarwangi Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (403kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini diawali pada fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII Mts Mekarwangi Subang. Sebagaimana pengamatan yang peneliti lakukan Di MTs Mekarwangi Subang, peneliti melihat banyak siswa yang di usianya mulai muncul kecerdasan-kecerdasan unik (kecerdasan spiritual) yang berbeda dengan kecerdasan intelektual yang dimilikinya. Kecerdasan spiritual siswa ini akan berdampak positif terhadap prestasi yang dimilki oleh siswa tersebut, jika siswa semakin cerdas spiritualisasinya maka akan meningkat pula prestasi belajarnya. Karena dengan memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi siswa akan memiliki prestasi belajar yang meningkat pula. Karena kecerdasan spiritual dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Terutama dalam pelajaran akidah akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui: (1) Tingkat kecerdasan spiritual siswa, (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, (3) hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak Penelitian ini bertolak dari Asumsi, apabila kecerdasan spiritualnya baik maka prestasi belajar dalam mata pelajaran aqidah akhlak akan meningkat. Dan penelitian ini akan sesuai dengan hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa. Samplenya terdiri dari 40 orang siswa Kelas VIII MTS Mekarwangi Subang. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan angket, tes,observasi dan wawancara. Adapun proses analisisnya dengan menggunakan dua pendekatan yaitu, secara parsial dan korelasional. Metode yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif korelatif dengan sampel berjumlah 40 siswa kelas VIII. Pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, angket, tes, wawancara dan studi kepustakaan. Adapun untuk analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Adapun hasil analisisnya diperoleh rata-ratanya sebesar 0,59. Angka tersebut termasuk pada kualifikasi cukup karena berada pada skala korelasi antara 0,40 – 0,59 sehingga dapat dikatakan bahwa kecerdasan spiritual (Variabel X) memiliki korelasi yang cukup.prestasi belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak (Variabel Y).Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis menunjukan harga thitung adalah -140,9 < ttabel 2,19. kemudian kadar pengaruh kecerdasan spiritual siwa sebesar 19 %. Oleh karena itu masih ada faktor lain sebesar 81% yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan spiritual; prestasi belajar; aqidah akhlak; |
Subjects: | Parapsychology and Occultism > Spiritualism Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Cicha Salamatunnur |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 08:29 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 08:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31686 |
Actions (login required)
View Item |