Pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) untuk meningkatkan kemampuan kreativitas dan partisipasi siswa : Penelitian kuasi eksperimen

Hasan, Alkauni Fitriana (2020) Pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) untuk meningkatkan kemampuan kreativitas dan partisipasi siswa : Penelitian kuasi eksperimen. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan kreativitas dan partisipasi siswa selama pembelajaran matematika berdampak terhadap proses dan hasil belajar, sebagai alternatif diaplikasikan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Tujuan penelitian untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan kreativitas matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran STEM dengan pembelajaran konvensional; (b) perbedaan pencapaian kemampuan kreativitas matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran STEM dengan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM kategori tinggi, sedang, dan rendah; (c) partisipasi siswa terhadap pembelajaran STEM. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yaitu: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kreativitas matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran STEM lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan kreativitas matematis siswa berdasarkan PAM kategori tinggi, sedang, dan rendah, dimana siswa yang mendapatkan pembelajaran STEM lebih baik daripada siswa yang pembelajaran konvensional, namun tidak terdapat interaksi antara faktor belajar dengan PAM kategori tinggi, sedang dan rendah; (c) sikap siswa terhadap pembelajaran STEM positif. Pembelajaran STEM memfasilitasi proses konstruksi, penemuan, interaksi sosial, dan proses refleksi sehingga mampu meningkatkan kemampuan kreativitas dan partisipasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kreativitas Matematis; Pendekatan STEM; Partisipasi Siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Science for Elementary Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Alkauni Fitriana Hasan
Date Deposited: 22 Jul 2020 04:00
Last Modified: 22 Jul 2020 04:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31964

Actions (login required)

View Item View Item