Penerapan metode roleplay dalam bimbingan klasikal terhadap penyesuaian diri siswa: Penelitian pada siswa kelas VII SMP Plus Al-Amanah Jl. Cibogo Indah Bandung-Jawa Barat

Mursidah, Dina (2016) Penerapan metode roleplay dalam bimbingan klasikal terhadap penyesuaian diri siswa: Penelitian pada siswa kelas VII SMP Plus Al-Amanah Jl. Cibogo Indah Bandung-Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Melihat fenomena yang terjadi pada siswa kelas VII SMP Plus Al-Amanah bahwa sebagian besar siswa kelas VII tingkat penyesuian dirinya kurang Guna meningkatkan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah tersebut dapat digunakan beberapa cara yang efektif, salah satunya adalah layanan bimbingan Klasikal karena dengan menggunakan layanan bimbingan Klasikal konselor dapat mengambil manfaat dari format pelayanan yaitu dari segi dinamika yang terbangun pada saat pemberian layanan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode roleplay terhadap perubahan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini bertolak dari kerangka berfikir bahwa penyesuaian diri merupakan bagian darimateri bimbingan klasikal, karena layanaan yang ada salah satunya adalah untuk meningkatkanperkembangansiswa di sekolah. Selain itu pelaksanaan bimbingan serupa dengan pelaksanaan bimbingan pada jurusan BKI serta unsur-unsur kegiatan pembinaan yang lebih dikenal dengan unsur-unsur kegiatan bimbinganpada jurusan BKI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu metode untuk mengungkapkan dan memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa yang ada dari hasil penelitian, alasan menggunakan penelitian ini adalah sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan atau menggambarkan proses Bimbingan Klasikal yang disajikan dengan data kualitatif. Penelitian kualitatif bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya prilaku, motivasi, tindakan dan lain-lain. Dari hasil penelitian diperoleh program bimbingan Klasikal yang pada penentuan program berjalan sesuai dengan analisis-analisis yang ada, sehingga program pelaksanaan penerapan metode role play ini bisa memberikan perubahan penyesuaian diris iswa di sekolah. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode roleplay dalam bimbingan klasikal sangat di perlukan untuk meningkatkan penyesuiaan diri siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: roleplay; bimbingan klasikal; penyesuaian diri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 21 Jul 2020 01:37
Last Modified: 21 Jul 2020 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32041

Actions (login required)

View Item View Item