Gaya hidup hedonis di kalangan mahasiswa: Studi analisis etika epicuros terhadap mahasiswa Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Angkatan 2015

Rohmah, Siti (2019) Gaya hidup hedonis di kalangan mahasiswa: Studi analisis etika epicuros terhadap mahasiswa Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Angkatan 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi membuat terjadinya revolusi pada gaya hidup masyarakat Indonesia, salahsatunya terjadi pada mahasiswa. Gaya hidup mahasiswa zaman sekarang lebih condong pada gaya hidup hedonis. Gaya hidup ini menampilkan kemewahan atau tidak terlepas dari kenikmatan dan kesenangan. Budaya gaya hidup hedonis dapat membahayakan bagi pelaku dan orang yang berada di sekitarnya akibat perilaku konsumtif berupa hal-hal negatif. Tujuan penelitian ini adalah memberikan penjelasan mengenai motif mahasiswa dalam berprilaku dan bergaya hidup hedonis, memberikan penjelasan mengenai opini dan argumen tentang sikap gaya hidup hedonis serta memberikan solusi bagi permasalahan gaya hidup hedonis yang semakin meluas di tengah masyarakat khususnya mahasiswa. Ajaran dari teori Epikuros dapat dijadikan sebagai acuan atau solusi dalam mengatasi permaslahan yang ditimbulkan oleh gaya hidup hedonis, yakni pentingnya menerapkan pola atau gaya hidup yang sederhana, bijaksana dan selektif dalam memilih antara keinginan dan kebutuhan serta pengendalian diri agar dapat mencapai ketenangan jiwa. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan menggunakan analisis kualitatif. Yaitu peneliti melakukan kegiatan wawancara serta terjun langsung ke lapangan untuk melihat realitas prilaku gaya hidup hedonis yang dilakukan mahasiswa. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara pengamatan langsung ke lapangan, mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan teori yang dingunakan, membaca jurnal dan sumber lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hedonisme; etika epicuros; mahasiswa
Subjects: Ethics, Moral Philosophy
Epicurean Philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Siti Rohmah
Date Deposited: 24 Jul 2020 08:11
Last Modified: 24 Jul 2020 08:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32097

Actions (login required)

View Item View Item