Komunikasi wartawan beda etnik dalam reportase berita di Kota Bandung: Studi Fenomenologi pengalaman komunikasi wartawan Sunda, Padang dan Batak

Nurlaelah, Fitriyah (2019) Komunikasi wartawan beda etnik dalam reportase berita di Kota Bandung: Studi Fenomenologi pengalaman komunikasi wartawan Sunda, Padang dan Batak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Suatu kota pastinya memiliki wartawan beda etnik dari berbagai macam suku dan budaya yang berbeda – beda. Khususnya di Kota Bandung sebagian wartawan beda etnik yang berkerja di Bandung tidak dipungkiri mereka harus dituntut bersikap profesional terutama dalam menjalankan tugas reportase berita. Perbedaan etnik ini mengharuskan wartawan bisa beradaptasi dari segi lingkungan tempat tinggal dan cara berkomunikasinya. Oleh karena itu peneliti akan membahas mengenai wartawan beda etnik. Komunikasi Wartawan Beda Etnik dalam Reportase Berita di Kota Bandung menjadi objek penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif wartawan beda etnik dalam reportase berita di Kota Bandung dan untuk mengetahui pengalaman wartawan beda etnik dalam reportase berita di Kota Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz. Tujuan menggunakan teori ini untuk mengetahui dari sudut pandang orang yang mengalaminnya secara langsung. Untuk ini dalam teori fenomenologi wartawan beda etnik selalu terkait dengan situasi dan kondisi baru dengan narasumber dilingkungannya, bagaimana motif wartwan beda etnik, serta pengalaman wartawan beda etnik dalam reportase berita bergantung dalam pemahaman wartawan itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi karena sejalan dalam memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama dari hasil penelitian terkait motif wartawan beda etnik dalam reportase berita di Kota Bandung ada dua hal yaitu motif untuk (in order to motive) menjadi wartawan di Kota Bandung menghasilkan lima kategori 1) Untuk mendapatkan uang 2) Memiliki banyak keuntungan 3) Mendapat pengetahuan lebih luas 4) Untuk mendapatkan jalan-jalan gratis 5) Untuk menyebarluaskan sesuai fakta dan motif sebab (because motive) menjadi wartawan di Kota Bandung menghasilkan empat kategori 1) Memiliki cita-cita menjadi seorang wartawan 2) Memiliki bakat menjadi seorang wartawan 3) Terpengaruh lingkungan 4) Berawal dari hobi. Kedua pengalaman menjadi wartawan dalam reportase berita menghasilkan 3 yaitu pengalaman komunikasi wartawan beda etnik antara wartwan etnik Jawa, Padang dan Batak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wartawan Beda Etnik; Motif Wartawan Beda Etnik; Pengalaman Wartawan Beda Etnik;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Fitriyah Nurlaelah
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:23
Last Modified: 23 Jul 2020 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32101

Actions (login required)

View Item View Item