Rebranding PT Pegadaian (Persero): Analisis deskriptif pada PT Pegadaian (Persero) kantor wilayah X Bandung

Bakhita, Ghina (2020) Rebranding PT Pegadaian (Persero): Analisis deskriptif pada PT Pegadaian (Persero) kantor wilayah X Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy

Abstract

Rebranding merupakan kegiatan perusahaan dalam menciptakan konsep baru perusahaannya agar dapat merubah persepsi masyarakat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satu perusahaan yang melakukan rebranding yaitu PT Pegadaian (Persero) yang merupakan perusahaan BUMN dengan visi sebagai perusahaan gadai terbaik untuk masyarakat menengah kebawah, namun setelah melakukan rebranding pada tahun 2018 PT Pegadaian mengganti visinya menjadi Perusahaan Keuangan terbaik di Indonesia untuk masyarakat dari segala golongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan proses rebranding yang dilakukan yaitu repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching. Penelitian ini didasarkan pada pemilihan konsep yang relevan dengan penelitian. Peneliti menggunakan konsep proses rebranding empat tahap dari Muzellec, Doogan dan Lambkin. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan interpretif dan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data melalui proses wawancara mendalam dan observasi parsipatori pasif di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan rebranding PT Pegadaian memerlukan waktu dan kesiapan yang matang agar dapat memaksimalkan proses rebranding yang dilakukan, yakni dilalui dengan empat tahap. Pertama, repositioning dengan merubah dan memperluas target market perusahaan dan perubahan program serta operasional perusahaan. Kedua, renaming yaitu menciptakan nama atau julukan baru bagi perusahaan. Ketiga, redesigning yaitu merubah design perusahaan dengan bertema warna Hitam dan Emas dengan sebelumnya yaitu memiliki warna dasar hijau. Keempat, relaunching yaitu menyebarluaskan informasi mengenai perubahan perusahaan kepada publik internal dan eksternal melalui berbagai media. Simpulan dari penelitian ini adalah pada tahap repositioning, perubahan target pasar yang menjadi fokus rebranding direncanakan dengan matang dengan upaya perubahan program serta operasional perusahaan. Pada tahap renaming dan redesigning yang berupa penciptaan nama dan perubahan warna tema disesuaikan dengan baik berdasarkan konsep baru perusahaan. Pada tahap akhir, relaunching dilakukan secara optimal dengan mempublikasikan perubahan perusahaan melalui publik internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Proses Rebranding; Repositioning; Renaming; Redesigning; Relaunching;
Subjects: General Management > Management of Production
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ghina Bakhita
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:24
Last Modified: 29 Jul 2020 06:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32237

Actions (login required)

View Item View Item