Agustin, Sendi Yoga (2020) Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan self regulated learning siswa melalui pembelajaran match mine berbasis symbolab. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (784kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa menuntut guru profesional mengaransmen bahan ajar berbasis teknologi. Tujuan penelitian meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran match mine berbasis symbolab. Metode quasi eksperimen melibatkan sampel 56 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bandung Indonesia, yang dikategorikan dua kelas; kelas eksperiment 28 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Instrumen kemampuan penalaran matematis. Analisis data kuantitatif dengan uji-t, tes Man-Withney U, ANAVA dua jalur. Hasil temuan Menunjukkan (a) Peningkatan Kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh Pembelajaran Match Mine berbasis Symbolab lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (b) Terdapat perbedaan pencapaian penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Match Mine berbasis Symbolab dan pembelajaran konvensional berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika berdasarkan kategori Tinggi, Sedang dan Rendah; (c) Terdapat peningkatan Self Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Match Mine berbasis Symbolab; (d) Kesulitan pada beberapa permasalahan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara memberikan latihan-latihan soal non rutin. (e) Tanggapan guru dengan baik dalam pembelajaran berbasis Symbolab. Siswa terampil mengkonstruk konsep matematik melalui manipulasi, mengajukan dugaan, membuat generalisasi, memberikan alasan logis serta bukti kebenaran algoritma. Pembelajaran match mine berbasis symbolab memfasilitasi proses konflik, proses penemuan, proses interaksi sosial, dan proses reflektif sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematis; Self Regulated Learnin; Match Mine; Symbolab; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sendi Yoga Agustin |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 02:02 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 02:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32292 |
Actions (login required)
View Item |