Penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur: Structured Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi suhu dan kalor

Mustika, Siti Dewi (2017) Penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur: Structured Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi suhu dan kalor melalui model pembelajaran Inkuiri Terstruktur (Structured Inquiry). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.6 SMA Negeri 6 Tambun Selatan Kab. Bekasi. Sampel dalam penelitian sebanyak 30 peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik, sedangkan untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran digunakan lembar observasi diperoleh rata-rata keterlaksanaan pembelajaran guru sebesar 91% dan peserta didik sebesar 84%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terstruktur berkategori sangat baik; (2) hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan. Besarnya peningkatan hasil kognitif peserta didik dapat dilihat dari rata-rata N-Gain 0,79 berkategori tinggi. Dengan demikian diperoleh adanya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang sangat signifikan melalui model pembelajaran inkuiri terstruktur pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri; Terstruktur (Structured Inquiry;) Hasil Belajar Kognitif; Materi Suhu dan Kalor;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Applied Physics > Heat Engineering
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:50
Last Modified: 05 Aug 2020 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32405

Actions (login required)

View Item View Item